Sukses

Imunisasi Campak

29 Jul 2017, 07:39 WIB
Pria, 32 tahun.

Dok,anak saya umur 3 tahun sama sekali belum imunisasi campak,karena dulu umur 1 tahun pas mau imunisasi sakit panas begitupun saat usia 2 tahun,sekarang program pemerintah di bulan agustus ada imunisasi campak,itu bagaimana ya dok ? apa tidak apa - apa?Sebelumnya saya ucapkan terima kasih

Terima kasih telah bertanya tentang Imunisasi Campak menggunakan Fitur Tanya Dokter.

Salah satu imunisasi yang diberikan dalam program Bulan Imunisasi Anak di Sekolah (BIAS) adalah vaksin campak. Campak merupakan penyakit infeksi virus campak dari golongan paramxyovirus. Gejala awal campak ditandai dengan demam, batuk, pilek, mata merah dan berair, diikuti dengan ruam kulit yang khas –biasanya muncul pada hari ketiga hingga hari ketujuh.

Sekilas penyakit ini tampak seperti infeksi virus biasa, tapi jangan menganggapnya remeh. Campak termasuk penyakit yang berbahaya dan memiliki virulensi yang sangat hebat, sehingga mudah menjadi wabah.

Kapan harus memberikan vaksinasi campak?

Pemberian vaksin campak dilaksanakan sebanyak dua kali. Pertama saat anak berusia 9 bulan dan kedua di usia 6 tahun lewat program BIAS di kelas 1. Dianjurkan agar pemberian campak pertama anak dilakukan sesuai jadwal. Jika memang dari umur 9 bulan belum pernah imunisasi campak, maka imunisasi campak besok boleh dilakukan. Bahkan memang disarankan.

Demikian penjelasan tentang Imunisasi Campak yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat. Salam

0 Komentar

Belum ada komentar