Sukses

Berat Badan Bayi Normal

29 Jul 2017, 01:09 WIB
Wanita, 29 tahun.

Malam dok, sy punya bayi saat ini berusia 5 bulan 7 hari, saat kontrol minggu lalu berat badan bayi saya 6.4kg dengan panjang 64cm (Saat lahir berat nya 3.1kg panjang 49cm) Sampai saat ini bayi saya masih asi ekslusif. Yang ingin saya tanyakan, apakah berat badan bayi sy tergolong normal? Dan boleh kah di minggu depan saya mulai mpasi? Terima kasih atas jawaban nya dokter..

Terima kasih telah bertanya tentang berat badan bayi normal melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Menurut pendapat Kami, pertambahan BB bayi bisa dilihat per triwulan. Pada triwulan I, kenaikan BB berkisar 150-250 gram/minggu, triwulan II kenaikannya 500-600 gram/bulan, triwulan III naik 350 – 450 gram/bulan, dan triwulan IV sekitar 250-350 gram/bulan.

Sedangkan untuk melihat normal-tidaknya BB bayi adalah saat usianya mencapai 6 bulan dan 1 tahun. Di usia 6 bulan, BB bayi harus mencapai 2 kali lipat berat lahir dan menjadi 3 kali lipatnya pada usia 1 tahun. Kurang dari ini, BB nya bisa disebut rendah atau bayi kurus. Sekarang ini berat badan bayi Anda 5,8 kg, di usia 6 bulan diharapkan berat badannya 2x berat badan lahir,yaitu sekitar 6,6 kg.

Saat usia 6 bulan, anak Anda sudah memasuki masa MPASI, asupan makanan menjadi bertambah,asupan ASI juga tetap dilakukan. diharapkan berat badan pun akan bertambah dan yang lebih terpenting anak Anda dalam keadaan sehat.

Demikian informasi tentang berat badan bayi normal. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar