Sukses

Tulang Lutut Retak, Bagaimana Agar Bisa Normal Kembali?

28 Jul 2017, 22:40 WIB
Wanita, 14 tahun.

Dokter hare mau nanya, sebulan yang lalu tulang antara paha sama betis itu (sekitar lutut) retak, sampai hari ini udh 1 bulan lebih,, hare coba buat jalan dikit" itu enggak bisa,, kaki nya hare enggak kuat nahan berat badan jadi sekarang hare masih makek tongkat,, dan kalo di lurus in itu gak mau lurus banget,, kayak kaki yang normal, tempurung lutut nya enggak mau lurus dan sakit banget,, gak mau kayak kaki yg normal,, hare minta saran" sama gimana caranya biar kaki nya bisa jalan lagi kayak orang normal dan lurus lagi,, mohon sarannya dokter

Terima kasih telah bertanya seputar tulang lutut retak melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Apabila terdapat keluhan akibat cedera yang melibatkan tulang, tindakan yang perlu dilakukan adalah pemeriksaan radiologi (roentgen) sehingga dapat terlihat adakah tulang yang retak atau patah, adakah cedera jaringan sekitar, dan sebagainya. Apakah retak yang Anda katakan ini sudah diperiksa oleh dokter? Manipulasi, pemijatan, penekanan pada daerah yang nyeri pun tidak dianjurkan apabila belum didapatkan gambaran diagnosis yang jelas, karena dapat memperberat cedera jaringan, menimbulkan komplikasi ke jaringan sekitarnya.

Trauma pada lutut dapat mengakibatkan berbagai gangguan ataupun peradangan pada sendi. Trauma pada lutut dapat mengakibatkan peradangan pada sendinya ataupun tulang yang terlibat. Kemungkinan lain adalah cedera atau patah pada tempurung lutut. Kemungkinan berikutnya adalah putusnya ligamen penyangga lutut. Namun semua ini akan tergantung dari detail kejadian trauma dan kerasnya trauma yang terjadi.

Trauma pada lutut yang tidak tertangani dapat menjadi osteoartritis atau peradangan pada tulang tempurung lutut. Kami sarankan agar anda segera berkonsultasi langsung ke dokter spesialis bedah tulang (orthopaedi) untuk evaluasi dan terapi lebih lanjut mengenai kondisi lutut anda, sehingga Anda dapat berjalan seperti normal lagi. Sulit bagi kami menyimpulkan terapi tanpa melakukan pemeriksaan langsung.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai tulang lutut retak. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar