Sukses

Benjolan Pada Leher Setelah Sembuh Dari Kanker Payudara

28 Jul 2017, 02:10 WIB
Pria, 40 tahun.

Mlm dok saya 1 thn yg lalu saya terkena kanker payudara alhamdlila ud smbh.tapi skrng tumbuh benjolan pada leher ,kecil sprti tlor cicak ,bnjolan ap tu dok ap kanker ny tmbul lg dn mybar d bagian leher.mohon penjelasan dan solusi ny dok.mksh

Terima kasih telah bertanya seputar benjolan pada leher setelah riwayat sembuh dari kanker payudara melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Ijinkan kami menanyakan beberapa pertanyaan sebelum menjawab Anda. Apa warna benjolan pada leher Anda? Apakah benjolan tersebut terasa nyeri? Apakah ada benjolan lain di sekitar leher atau di ketiak? Apakah disertai dengan keluhan batuk pilek atau keluhan lainnya?

Benjolan pada leher dapat disebabkan oleh:

  • Pembesaran kelenjar tiroid (gondok): hipertiroidisme, hipotiroidisme, tumor kelenjar tiroid
  • Pembesaran kelenjar getah bening: tumor kelenjar getah bening, TBC kelenjar, penyebaran kanker dari tempat lain, infeksi bakteri
  • Pembesaran kelenjar air liur: parotitis, tumor parotis
  • Bisul (abses), biasanya disertai dengan keluhan nyeri, warna kemerahan
  • Tumor lemak (lipoma)

Penyebab paling sering benjolan di leher adalah pembesaran kelenjar getah bening (KGB) karena infeksi (misalnya saat sedang batuk pilek), benjolan ini bisa menghilang dengan sendirinya, tetapi karena Anda memiliki riwayat kanker payudara maka pembesaran KGB perlu diperiksa lebih mendalam. Kami sarankan Anda membawa anak Anda untuk konsultasi ke Dokter spesialis penyakit dalam karena status benjolan tersebut berbahaya atau tidak hanya dapat dipastikan melalui pemeriksaan fisik. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai menstruasi tidak teratur. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar