Sukses

Makanan Pedas Atau Bersantan Menyebabkan Tifoid?

28 Jul 2017, 02:08 WIB
Pria, 21 tahun.

Dok saya mau tanya soal makanan pedas/bersantan. Benarkah kalau orang yang setiap kali makan pedas/bersantan lalu sakit pada perut itu mudah terkena tifus(tipes) ?. Lalu langkah apa yang harus saya lakukan kalau hal tersebut saya alami karena saya juga terkadang sangat ingin makanan pedas/bersantan untuk menghindari sakit perut/rasa mulas berlebihan ?. Terima kasih.

Terima kasih telah bertanya seputar makanan pedas atau bersantan menyebabkan tifoid melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Pada dasarnya penyakit tipes atau demam tifoid disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi. Sehingga makanan pedas atau bersantan tidak menyebabkan seseorang lebih mudah terkena penyakit tersebut, kecuali makanan tersebut tidak bersih.

Bila setelah makan makanan pedas atau bersantan Anda mengalami sakit perut, maka Anda mengalami dispepsia, yaitu kumpulan gejala yang terdiri dari rasa tidak nyaman, perih, atau nyeri pada perut bagian atas. Dispepsia diklasifikasikan menjadi dua bagian, yaitu dispepsia organik dan nonorganik. Dispepsia organik adalah dispepsia yang telah diketahui adanya kelainan organik sebagai penyebab, misalnya tukak lambung, usus dua belas jari, radang pankreas, radang empedu, dan lain-lain. Dispepsia organik sering ditemukan pada usia lebih dari 40 tahun.

Dispepsia fungsional merupakan dispepsia yang paling sering ditemukan dan terjadi tanpa disertai dengan kelainan atau gangguan struktur organ berdasarkan pemeriksaan klinis, laboratorium, radiologi, dan endoskopi. 

Untuk meredakan gejala dispepsia, Anda dapat mengonsumsi obat anti asam lambung yang berisikan antasid. Selain dengan pemberian obat anti asam lambung secara teratur, kami sarankan untuk melakukan kiat-kiat berikut: menjaga pola makan dengan makan lebih sering dalam porsi kecil dan teratur; mengurangi konsumsi makanan pedas dan asam; menjauhi alkohol, kopi, dan soda; serta menghindari obat-obatan yang menimbulkan luka pada lambung seperti aspirin.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai makanan pedas atau bersantan menyebabkan tifoid. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar