Sukses

Menghitung Masa Subur

28 Jul 2017, 12:12 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dokter saya mau tanya , saya kan pgn promil ngitung masa subur stlh haid . Ktnya kan masa subur itu d tandain dgn ada nya cairan bening kental. Biasa nya d hari ke 7 tp ada itungan nya. Tp qo masa subur Saya malah di hari k 5 ya dok. Klo saya itung berdasarkan tanggal haid selama 5 bulan masa subur saya di hari k 9-17. Itu kenapa bsa bgtu ya dok. Sya pertama haid hari kamis tgl 18 , tp dr kmrn sore cairan bening kental itu udah ada nih dok sampe skrg. Apa kan bner ini masa subur saya meskipun dlm itungan bukan tgl segini.

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar menghitung masa subur melalui fitur Tanya Dokter.

Penghitungan masa subur menggunakan metode kalender memang tidak akurat 100%, dapat terlewat atau maju sekitar 3 hari. Untuk itu, tanda-tanda lainnya perlu diperhatikan seperti keluar lendir yang kental dari vagina. 

Saat ini, alat untuk mendeteksi ovulasi telah beredar luas dan dapat Anda peroleh di apotek-apotek terdekat. Bentuknya adalah sama dengan alat yang digunakan untuk mendeteksi kehamilan, yaitu menggunakan strip. Perbedaannya terletak pada waktu pengambilan sampel urin. Tidak seperti pemeriksaan kehamilan, urin yang diambil pagi hari bukanlah urin yang terbaik untuk pemeriksaan LHsurge, mengingat LH baru mulai disintesis pagi hari dan baru akan timbul di urin saat siang atau sore hari.


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar menghitung masa subur, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar