Sukses

Haid Tidak Teratur Bisa Mengganggu Kesuburan?

28 Jul 2017, 11:53 WIB
Pria, 18 tahun.

assalamualikum, dokter. saya punya masalah dengan siklus haid. pertama kali saya datang bulan itu kelas 1 smp, sekitar umur 12 tahun. saya pernah ke dokter spesialis bagian dalam saat kelas 3 smp buat ngecek payudara (karna ngerasa kaya ga nyaman takutnya tumor etc) tapi gaada apa apa kata dokternya, nah dari awal saya datang bulan, siklus saya memang tidak lancar. kadang bisa 2 bulan sekali atau 3 bulan sekali jadi saya sekalian nanya sama dokternya. kata dokternya itu wajar karna awal awal datang bulan siklus memang tidak lancar, katanya remaja usia saya biasa seperti itu. tapi yang anehnya sampai sekarang, usia saya yang hampir 19 tahun tapi siklus haid saya masih tidak teratur. yang anehnya pada saat bulan ramadhan haid saya selalu datang. apa kah faktor makanan dok? soalnya kalau ramadhan saya ga makan jajanan sembarang, paling cuma masakan rumah. nah saya anaknya suka makan yang lemak lemak kaya mie bakso dll. saya kadang suka takut karna siklus haid ga teratur ini. apakah masih normal kalau dari awal saya dapet haid tapi jadwal nya ga pernah teratur? apakah sebaiknya saya ke dokter untuk menanganinya? dan apakah siklus haid yang tidak lancar ini dapat menganggu kesuburan saya? apakah berdampak dimasa depan saat saya menikah? apakah saya akan bisa dapat keturunan?? terimakasih, dokter. mohon bantuannya

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar haid tidak teratur dan kesuburan melalui fitur Tanya Dokter.

Haid yang tidak teratur memang bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti :

  • Perubahan hormon

Pada tahun-tahun awal menstruasi atau saat pubertas dan mendekati menopause, ketidakseimbangan hormon umum terjadi. Siklus haid bisa memanjang atau memendek. Darah haid yang keluar pun bisa sedikit atau banyak. Tapi ini bukan hal yang perlu Anda cemaskan.

  • Penggunaan kontrasepsi

Kontrasepsi hormonal baik dalam bentuk pil, suntikan, dan implan dapat mengganggu siklus haid. Misalnya, timbul flek di antara dua periode haid.
Sedangkan alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR) atau yang kerap disebut spiral tidak mengganggu siklus haid. Tapi perdarahan bisa menjadi lebih banyak atau menimbulkan nyeri saat haid.

  • Gaya hidup

Faktor-faktor terkait gaya hidup seperti kekurangan atau kelebihan berat badan secara drastis, olahraga yang berlebihan, dan stres juga dapat memengaruhi keseimbangan hormon dan menyebabkan haid tidak teratur. Begitu pun dengan wanita yang memiliki gangguan makan seperti anoreksia nervosa dan bulimia.

  • Sindrom ovarium polikistik (SOPK)

Pada penyakit ini, muncul kista-kista kecil (kantong berisi cairan) dalam indung telur (ovarium). Kista-kista ini muncul karena tidak terjadi pelepasan sel telur (ovulasi) pada wanita dengan SOPK. Kista akan menekan kerja estrogen dan progesteron sehingga menimbulkan gangguan haid.

  • Gangguan dalam rahim

Penyakit radang panggul (PRP) akibat infeksi kandungan dan mioma atau tumor jinak rahim juga dapat menyebabkan haid tidak teratur.

  • Gangguan hormon tiroid

Meski jarang terjadi, kelebihan atau kekurangan hormon tiroid yang bertanggung jawab terhadap metabolisme tubuh dapat membuat haid tidak teratur. Namun demikian, wanita yang mengalami gangguan haid perlu melakukan pemeriksaan tiroid.
Karena itu, penting untuk mencatat siklus haid Anda secara rutin, agar dapat mengetahui pola haid yang normal.

Konsultasikan dengan dokter bila siklus haid berubah disertai tanda-tanda sebagai berikut:

  • Tidak haid selama lebih dari tiga bulan dan Anda tidak hamil.
  • Haid menjadi tidak teratur setelah sekian lama teratur.
  • Perdarahan haid lebih dari tujuh hari.
  • Darah haid lebih banyak dari biasanya yang ditandai dengan mengganti pembalut setiap 1–2 jam sekali.
  • Siklus haid kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari.
  • Terjadi perdarahan di antara dua siklus haid.
  • Mengalami nyeri perut bawah yang sangat hebat selama haid.

Biasanya, haid yang tidak teratur dapat diatasi dengan kontrasepsi oral atau pil KB. Namun demikian, tidak semua wanita cocok dengan terapi tersebut. Langkah pertama untuk mengatasi haid yang tidak teratur adalah mencari penyebab utamanya. Dengan demikian, penanganannya akan lebih terarah dan tepat sasaran.

Haid yang tidak teratur dapat menyulitkan kehamilan, namun bukan berarti sama sekali tidak dapat hamil, hanya saja akan menjadi lebih sulit.


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar haid tidak teratur dan kesuburan, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar