Sukses

Haid Tidak Teratur Mengganggu Kehamilan?

28 Jul 2017, 10:36 WIB
Pria, 19 tahun.

selamat pagi dok, saya mau bertanya. saya sudah menjalani hubungan seks semenjak usia 18tahun, apakah ketika saya berumur 25-26 tahun sel telur saya masih subur? dan apakah bisa cepat mempunyai anak dok? terkadang saya juga telat haid sampai 2/3 bulan dok, bagaimana solusinya dok? apakah keterlambatan haid dan seks sejak 18 tahun ini bisa mempengaruhi kesuburan saya dlm mempunyai anak nanti dok? dan bagaimana cara saya supaya sel telur saya tetap subur dan tidak telat haid? mohon jawabannya ya dok, karna jawaban dokter sangat membantu saya, terimakasih.

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar haid tidak teratur melalui fitur Tanya Dokter.

Haid tidak teratur , dalam kasus ini adalah haid yang jarang, memang bisa menyulitkan kehamilan. Namun haid yang jarang tersebut bisa disebabkan oleh banyak hal, dan tidak semuanya dapat menyebabkan sulit hamil. Salah satu penyebab haid jarang yang paling sering adalah gangguan hormonal. Gangguan hormon tersebut bisa disebabkan oleh penyakit PCOS (polycystic ovarian syndrome) dimana hormon testosteron pada perempuan menjadi tinggi. 

Anda tidak perlu khawatir, walaupun haid tidak lancar, anda masih dapat hamil ,tetapi mungkin akan leibh sulit dibanding wanita tanpa kelainan. Namun untuk memastikannya, kami sarankan anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan agar dapat diperiksa dan ditangani dengan sesuai.

Melakukan hubungan seksual semenjak usia muda, meningkatkan risiko terjadinya kanker serviks. Secara umum, hubungan seksual diusia muda tidak memengaruhi kesuburan anda.


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar haid tidak teratur, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar