Sukses

Efek Samping KB Suntik 1 Bulan

27 Jul 2017, 17:55 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok saya mau tanya. Saya baru pertama kali kb dengan suntik 1 bulan. Dan pas datang bulan darah haid saya warnanya hitam dan sedikit" . Apa itu ada masalah atau gejala lain dok?

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah bertanya seputar efek samping KB suntik 1 bulan menggunakan fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran yang Anda alami. KB suntik merupakan salah satu cara yang digunakan untuk mencegah terjadinya kehamilan dengan memberikan suntikan hormon (hormon progestin atau kombinasi hormon estrogen dan progesteron) ke dalam tubuh. Pemberian hormon melalui KB suntik mampu mencegah kehamilan dengan cara:

menghambat terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur oleh indung telur)
mempertebal lendir mukosa leher rahim
mengganggu pergerakan silia saluran tuba
menghalangi pertumbuhan lapisan endometrium (dinding rahim)

Biasanya kontrasepsi suntikan yang diberikan dengan injeksi secara intramuskular setiap bulan adalah kontrasepsi suntikan estrogen-progesteron, mengandung 25mg depo medroxyprogesteron asetat dan 5 mg estradiol cypionat.

KB suntik dapat menyebabkan peningkatkan berat badan karena nafsu makan yang meningkat, lapisan dari lendir rahim menjadi tipis sehingga haid sedikit, gangguan haid seperti bercak atau tidak haid sama sekali, perdarahan tidak menentu, jika pemakaian suntikan KB dihentikan, siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun

Kami sarankan Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk mengetahui penyebab gangguan tidak haid Anda disebabkan oleh efek samping kb suntik 1 bulan atau ada kondisi lain yang mendasarinya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, Semoga bermanfaat.

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar