Sukses

Garis Hitam pada Kulit Setelah Melahirkan

27 Jul 2017, 08:44 WIB
Pria, 20 tahun.

Dok saya habis melahirkan dan saya mengalami kenaikan berat badan yg drastis .. Sekarang d bagian perut bokong dan paha saya timbul garis hitam .. Bagaimana cara menghilangkan? Mohon solusinya

Terima kasih telah menggunakan layanan Tanya Dokter Klikdokter.com,

Hampir 90% wanita, terutama yang berkulit agak gelap akan mengalami masalah kulit selama kehamilan. Para calon Ibu ini akan mengalami hiperpigmentasi (penghitaman kulit) di bagian-bagian kulit tertentu yang seringkali kurang menyenangkan. Hiperpigmentasi kulit ini terjadi pada awal-awal kehamilan dan seringkali dapat merupakan tanda awal terjadinya kehamilan. Bagian-bagian kulit yang biasanya menjadi lebih hitam adalah bagian puting payudara, areola payudara (daerah sekitar payudara yang lebih gelap), wajah, leher, punggung belakang, ketiak, selangkangan, paha bagian dalam, daerah sekitar pusar dan garis tengah perut. Jaringan parut yang baru terbentuk atau tahi lalat yang baru muncul juga akan menjadi semakin menghitam.

Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon selama kehamilan yang mempengaruhi pembentuk pigmen kulit oleh sel-sel melanosit (pembentuk pigmen pada kulit). Bagian kulit yang menghitam tersebut akan semakin menghitam selama kehamilan dan menjadi lebih terang setelah persalinan. Namun ada kalanya memang tidak dapat kembali seperti warna kulit sebelumnya.

Bekas kehitaman juga dapat disamarkan dengan cara pemberian krim malam yang umumnya mengandung asam retinoat. Cara lain yang dapat memudarkan atau bahkan menghilangkan bekas kehitaman yaitu prosedur chemical peeling dan atau mikrodermabrasi. Rangkaian prosedur tersebut (krim malam,chemical peeling, dan mikrodermabrasi) bekerja dengan cara mempercepat proses regenerasi kulit, sehingga sel-sel kulit baru akan lebih cepat timbul. Jangan lupa menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 untuk melindungi kulit dari paparan UVA dan UVB yang dapat memperburuk kondisi. Untuk memastikan kondisi kulit dan pilihan terapi terbaik, kami sarankan Anda untuk konsul dengan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin.

 Baca juga: Perubahan Kulit Ini Bisa Terjadi Selama Kehamilan

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar