Sukses

Mengalami Batuk Lalu Muntah

26 Jul 2017, 23:08 WIB
Wanita, 70 tahun.

Beberapa jam sehabis makan, ibu saya suka batuk2, setelah itu muntah. Menurut beliau muntahannya mengandung minyak padahal makanannya tidak terlalu berminyak. Apakah ini ada masalah dengan hati atau ada masalah lain? Terima kasih dokter.

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter klikdokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda. Sudah berapa lama dirasakan ? Berupa apa muntahan ibu Anda ? Apakah berupa dahak atau berupa makanan yang baru dimakan?  Apakah muntahnya banyak ? Apakah memiliki gejala mual ? Adakah riawayat masalah pencernaan sebelumnya ? Apakah sebelum muntah selalu ada batuk ?  Apakah ibu Anda memiliki alergi terhadap debu, dingin, makanan, dll? Apakah Anda merokok atau memiliki riwayat merokok sebelumnya? Apakah ada demam ?

Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, telinga). Batuk yang terlalu kuat dapat menyebabkan muntah karena adanya tekanan di perut. Sayang anda tidak menjelaskan secara spesifik penyakit batuk ibu anda.  Batuk yang diderita akan diterapi sesuai penyebabnya. Karena itulah penting dilakukan wawancara detail dan pemeriksaan fisik secara langsung, atau mungkin butuh difoto roentgen dada untuk mencari penyebab batuknya.

Selain itu, tidak dapat disingkirkan masalah ibu Anda berkaitan dengan gangguan pencernaan. Maag atau di dalam dunia kedokteran disebut dengan gastritis, yaitu peradangan yang terjadi pada lambung akibat pengeluaran asam lambung yang berlebih. Umumnya maag akan menimbulkan gejala nyeri ulu hati, atau perut kiri atas, mual, kembung, dan muntah. Apabila keluhan menjadi nyeri dada, dada terasa panas, dan mulut terasa pahit/asam, maka mungkin saja itu bukan maag namun penyakit Refluks Gastroesofageal (GERD) yang terjadi akibat naiknya cairan lambung ke kerongkongan. Hal ini disebabkan klep antara lambung dan kerongkongan tidak berfungsi dengan baik.

Jika mengalami demam, beberapa penyakit infeksi seperti tipes infeksi virus, dapat juga memberikan gejala muntah.

Oleh karena itu, kami sarankan ibu Anda segera mengunjungi dokter spesialis penyakit dalam untuk evaluasi lebih lanjut dalam menentukan penyebab muntah ibu Anda. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar