Sukses

Kegemukan & Kesuburan

26 Jul 2017, 17:25 WIB
Wanita, 26 tahun.

Saya seorang istri yg baru saja menikah 5 bulan yang lalu. Suami saya bertugas di jogja sdgkan saya di banjarmasin. kami berencana memiliki momongan secepatnya shg setiap bulan kami berusaha ketemu plg tidak seminggu sambil memperkirakan masa subur tp selama ini belum membuahkan hasil. saya punya riwayat mens yg teratur tp setelah menikah saya dan suami mengalami peningkatan berat badan yg cukup besar (5kg dalam 5 bulan). yang mau saya tanyakan, bagaimana cara memperkirakan masa subur? apa efektif dg alat tes masa subur seperti LH testpack/ovutest scope? trs apa pola hidup sebelum menikah mempengaruhi proses program kehamilan ini? mengingat sblm menikah saya cukup aktif berhubungan intim dengan pacar yg skr jadi suami. terimakasih nb: sebulan lalu saya konsultasi dg sp.og di daerah suami saya bekerja dan diperiksa usg intravagina tidak ada kelainan. pulangnya cm disuruh olahraga 2hari sekali dan malamnya berhubungan serta diberi resep prenatin diminum tiap hari sekali

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Kegemukan & Kesuburan melalui fitur Tanya Dokter.

Kegemukan dapat menimbulkan berbagai masalah dan komplikasi seperti penyakit jantung, diabetes, hipertensi, stroke, batu empedu, radang sendi, dan gangguan kesuburan/kesulitan hamil. Gangguan kesuburan akibat kegemukan dapat terjadi pada pria maupun wanita.

Beberapa akibat kegemukan terhadap kesuburan wanita diantaranya adalah:

Masalah ovulasi (pengeluaran sel telur)
Wanita obesitas terancam untuk mengalami gangguan keseimbangan hormon yang dapat menyebabkan gangguan dalam menstruasi sehingga dapat menyebabkan siklus pengeluaran sel telur menjadi terganggu juga. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan untuk hamil.

Masalah pada proses pembuahan
Selain masalah pengeluaran sel telur, pada para wanita yang kegemukan namun memiliki siklus menstruasi yang normal dan dapat mengeluarkan sel telur secara normal, ditemukan tetap saja sulit untuk hamil. Hal ini diduga karena pengaruh hormon leptin yang berfungsi mengatur nafsu makan dan pengeluaran energi juga ternyata menghambat proses pembuahan sel telur oleh sperma.

Meningkatkan risiko terjadinya keguguran
Pada penelitian lebih lanjut juga ditemukan bahwa wanita obesitas cenderung lebih berisiko untuk mengalami keguguran dalam kehamilan.

Pembentukan sel telur yang tidak sempurna
Pada penelitian yang meneliti sel telur wanita yang kegemukan ditemukan bahwa sel telur yang diproduksi oleh wanita yang kegemukan juga cenderung tidak normal. Susunan kromosom (pembawa pesan genetik) dalam sel-sel telur wanita yang kegemukan ditemukan tidak normal sehingga tidak mungkin terjadi pembuahan.

Sebaliknya, wanita dengan berat badan yang terlalu rendah juga dapat mengalami gangguan kesuburan. Menjalankan pola hidup sehat, dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, beristirahat dengan teratur, menghindari stres dan berolahraga teratur dapat membantu keseimbangan hormon sehingga memudahkan untuk terjadinya kehamilan.

Sebelum menghitung masa subur, perlu diketahui terlebih dulu berapa hari siklus haid Anda. Apakah 21 hari? 28 hari? 35 hari? atau yang lain?. Siklus haid normal berlangsung antara 21-35 hari. Untuk mengetahui masa subur Anda, perlu diketahui terlebih dulu rata-rata siklus haid Anda dalam 3 bulan terakhir.

Masa subur berlangsung selama 6 hari, yaitu pada 2 hari sebelum ovulasi (pelepasan sel telur) hingga 3 hari setelah ovulasi. Kemungkinan hamil akan tinggi bila hubungan intim dilakukan pada waktu-waktu ini.

Untuk mengetahui kapan Anda berovulasi, berikut caranya:

1. Catat selalu rata-rata siklus haid Anda. Hari 1 adalah hari pertama Anda haid.
2. Ovulasi terjadi kurang lebih 2 minggu (14 hari) sebelum haid berikutnya. Apabila siklus haid rata-rata 28 hari, Anda akan ovulasi di sekitar hari ke-14.
3. Apabila siklus haid Anda tidak teratur, lihat periksa siklus terpanjang dan terpendek dalam 3 bulan terakhir. Misalnya siklus terpanjang 35 hari dan siklus terpendek 21 hari. Hari 1 adalah hari pertama haid. Masa subur Anda berada di (21-18)/hari 3 hingga (35-11)/hari 24. Di antara hari ke-3 hingga ke-24 ini Anda memiliki peluang untuk hamil.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Kegemukan & Kesuburan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar