Sukses

Gatal-gatal di Malam Hari pada Anak

26 Jul 2017, 17:04 WIB
Wanita, 2 tahun.

Malem dok..sy mau tanya tentang anak sy yg setiap malam sulit tidur...kalau tidur pun cuma sebentar...dan skrg2 ini stiap mau tidur atau terbangun si anak selalu minta untuk digaruk telapak kaki nya..padahal kondisi anak sudah makan kenyang dan siang nya full aktifitas..tanpa tidur siang..apakah anak sy terkena alergi dok?mhon saran nya biar anak sy bs lebih pules tidur nya..

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Gatal-gatal di Malam Hari pada Anak melalui fitur Tanya Dokter.

Apakah anak Anda atau di keluarga memiliki riwayat alergi? Apakah anak memiliki asma atau sering bersin pagi hari? Apakah udara saat malam hari dingin? Sejak kapan keluhan anak Anda terjadi?

Kemungkinan yang dialami anak Anda adalah alergi. Alergi adalah reaksi tubuh yang berlebihan terhadap benda asing tertentu atau yang disebut alergen. Apabila alergen masuk ke dalam tubuh seseorang, melalui berbagai cara, baik terhisap, tertelan, ataupun kontak dengan kulit, maka sistem kekebalan tubuh seseorang yang memiliki alergi akan aktif dan menimbulkan reaksi yang berlebihan.

Seseorang dengan riwayat alergi tertentu dapat juga memiliki alergi terhadap beberapa hal. Dalam kasus anak Anda, Anda perlu memperhatikan dengan lebih teliti apa yang mungkin menjadi faktor pemicu timbulnya alergi anak Anda. Anda perlu memperhatikan jenis-jenis makanan, jumlah makanan yang dikonsumsi, kondisi udara, dll yang memicu timbulnya alergi anak Anda.

Alergi tidak dapat hilang sepenuhnya, yang dapat dilakukan bagi penderita alergi adalah dengan melakukan pencegahan atau penghindaran dari materi-materi yang dapat menyebabkan alergi. Maka, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang dapat memicu timbulnya reaksi alergi anak Anda dan menghindarinya. Jadi yang dapat dilakukan adalah dengan menghindari anak Anda dari makanan yang sudah Anda ketahui dapat menyebabkan reaksi alergi.

Obat untuk alergi selain dengan salep dapat juga konsumsi obat minum golongan antihistamine (loratadine, cetirizine) atau kortikosteroid lemah namun hanya boleh diberikan oleh dokter anak bila keluhan membuat anak tidak nyaman.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Gatal-gatal di Malam Hari pada Anak. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar