Sukses

Susah Membuka Rahang

26 Jul 2017, 16:08 WIB
Pria, 20 tahun.

Pemisi dok, maaf sy mau tanya Belakangan ini kenapa rahang kanan sy yg sebelah kanan susah untuk di buka lebar, dan jika di paksakan malah sakit sepertu ngilu, apalagi jika sudah bangun tidur mulut hanya bisa terbuka sedikit karna sakit?? Terimakasih sebelumnya

Terimakasih telah bertanya seputar susah membuka rahang melalui fitur Tanya Dokter.

Dari keluhan yang Anda kemukakan, kemungkinan Anda mengalami kelainan sendi rahang (Temporomandibular Joint (TMJ) disorder) . Umumnya penderita juga sering merasa mendengar bunyi klik saat membuka dan menutup mulut, dan terkadang disertai sakit kepala yang tidak jelas penyebabnya. Penyebab dari kelainan TMJ sangat bermacam-macam namun umumnya disebabkan karena hubungan gigi atas dan gigi bawah yang abnormal, ada kebiasaan buruk seperti mengunyah satu sisi atau sering menopang dagu yang dilakukan dalam jangka panjang, trauma seperti benturan atau kecelakaan dan lain lain.

Yang dapat kami sarankan, Anda berkonsultasi secara langsung ke dokter gigi, lebih baik lagi dokter gigi spesialis prosthodonti (Sp.Pros) yang lebih mendalami masalah TMJ. Dokter gigi akan melakukan pemeriksaan secara klinis yang lengkap dan pemeriksaan penunjang seperti foto rontgen untuk melihat kondisi sendi rahang. Perawatan yang akan dipilih bergantung dari hasil pemeriksaan dan diagnosa yang ditegakkan, umumnya pasien akan dibuatkan splint untuk memperbaiki kelainan dan bentuknya seperti mouth guard yang dipakai para atlet high impact seperti tinju atau football.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai susah membuka rahang, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar