Sukses

Perawatan Kulit Kombinasi

26 Jul 2017, 15:17 WIB
Wanita, 14 tahun.

Selamat malam dok saya mau tanya,saya mempunyai jerawat di bagian dahi,hidung,dan dagu, saya hanya menggunakan sabun bayi karena bagian pipi saya kering dan sering muncul bercak putih yang mengelupas,saya sudah coba ke dokter kulit dan bercak sudah sempat hilang tetapi,setelah creamnya habis bercaknya kembali terlihat,karena takut ketergantungan,saya tidak kembali ke dokter.Menurut saya mungkin saya pemilik kulit kombinasi karena hanya berminyak di T-zone tetapi daerah lainnya kering,menurut dokter sabun atau pelembab merk apa yang bisa saya pakai?umur saya 14 tahun, terima kasih :)

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai perawatan kulit kombinasi melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Perawatan kulit kombinasi memang dapat menjadi tantangan tersendiri. Pilihlah sabun yang sesuai dengan tipe kulit kombinasi. Kulit kombinasi umumnya berminyak di daerah T (dahi, hidung, dagu), namun kering atau sensitif di daerah lainnya.

Berikut adalah perawatan untuk kulit kombinasi :

Cucilah kulit wajah tidak lebih dari 3 kali sehari dan setelah berkeringat berlebihan.
Gunakan pembersih yang lembut dan jangan menggunakan scrub.
Gunakan pembersih busa yang tidak mengandung minyak
Gunakan air hangat suam-suam kuku yang banyak untuk membersihkan wajah Untuk menghilangkan minyak yang berlebihan, Anda dapat menggunakan toner atau astringent. Namun berhati-hati agar memilih produk yang tidak menyebabkan iritasi.
Jangan menyentuh, memecahkan, memencet jerawat karena dapat menunda proses penyembuhan.
Gunakan produk-produk kulit yang memiliki label “non-komedogenik”. Produk-produk ini dapat menyebabkan sumbatan pori-pori.
Jangan menggosok kulit saat mengeringkan, tapi cukup dengan ditepuk-tepuk.
Hindari penggunaan produk yang mengandung alkohol, sabun, asam, atau pengharum karena dapat mengiritasi kulit.
Pilihlah produk yang mengandung lidah buaya, chamomile, polifenol teh hijau yang bersifat menyejukkan.
Pembersih

Pembersih yang tepat untuk jenis kulit kombinasi adalah madu yang masih segar (raw honey). Mengapa madu? Selain bermanfaat untuk penyembuhan kulit, madu mampu membantu mempertahankan kelembapan pada area wajah yang kering. Madu pun kaya akan mineral, vitamin (seperti vitamin B dan biotin), serta antioksidan.

Toner

Toner penting untuk mengangkat sisa pembersih, riasan, sel kulit mati, dan minyak yang tersisa dan tidak terangkat oleh pembersih wajah. Untuk pemilik kulit kombinasi, toner mampu menghilangkan sebum berlebih dari area wajah yang berminyak, serta melembapkan area yang kering. Anda dapat membuat larutan mentimun atau air mawar sebagai toner alami.

Pelembap

Pilihlah pelembap yang mengandung gliserin untuk melembapkan kulit. Gunakan pada area wajah yang kering, seperti sekitar bibir dan bawah mata, untuk menghindari garis halus. Pada area wajah yang cenderung berminyak, oleskan pelembap tipis-tipis saja.

Masker

Masker krim merupakan pilihan tepat bagi mereka yang memiliki kulit kombinasi, karena dapat dipadukan dari beberapa jenis bahan masker. Untuk daerah kering, gunakan masker untuk kulit kering, sedangkan untuk daerah berminyak misalnya daerah T, gunakan masker untuk kulit berminyak. Kenakan masker krim pada wajah dan leher, tunggu hingga kering (+ 15 menit) dan angkat dengan menggunakan handuk yang hangat.

Perawatan Kulit Kombinasi
Bekas jerawat dapat dihilangkan dengan beberapa cara, misalnya dengan terapi laser, dermabrasi, dll. Namun, penanganan bekas jerawat ini sangat tergantung dari luas serta kedalaman bekas jerawat. Pada keadaan ringan, bekas jerawat dapat memudar hanya dengan pemberian hidrokuinon 2% (termasuk dalam dosis aman) hanya tepat pada daerah bekas jerawat. Selain itu, bekas jerawat juga dapat disamarkan dengan cara pemberian krim malam yang umumnya mengandung asam retinoat yang diresepkan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin. Kemudian cara lain yang dapat memudarkan atau bahkan menghilangkan bekas jerawat yaitu Prosedur Chemical peeling. Kedua prosedur tersebut (krim malam yang mengandung asam retinoat dan chemical peeling) bekerja dengan cara mempercepat proses regenerasi kulit, sehingga sel-sel kulit baru akan lebih cepat timbul.

Namun, sebaiknya sebelum memilih dan melakukan prosedur tersebut, kulit Anda akan dianalisa terlebih dahulu seperti kedalaman bekas jerawat, jenis kulit, dan adanya reaksi alergi. Setelah itu, baru dipilihkan jenis cairan kimia dan konsentrasi/ kekuatan yang sesuai untuk kondisi kulit Anda.

Demikian informasi ini kami sampaikan mengenai perawatan kulit kombinasi, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar