Sukses

Cara Menghitung Kehamilan

26 Jul 2017, 14:15 WIB
Pria, 30 tahun.

saya ingin tanya.. ketika saya&istri berhubungan badan di pertengahan bulan mei dan setalah itu saya tidak pernah berhubungan lagi hingga sekarang. yang ingin saya tanyakan mengapa istri saya bisa hamil dan melahirkan di bulan juni.mohon penjelasanya..terimakasih.

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah bertanya seputar kehamilan melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya, kami kurang menangkap informasi yang Anda sampaikan. Jika Anda berhubungan di bulan Mei dan kebetulan itu adalah tanggal masa subur istri Anda, maka kemungkinan hamil lebih besar.

Untukitu, berikut adalah cara menghitung usia kehamilan, diantaranya:

-Hitungan Kalender
Mungkin cara ini adalah cara menghitung usia kehamilan yang paling klasik dan sudah sangat umum digunakan. Akan tetapi jika Anda ingin menggunakan metode ini, syaratnya adalah Anda harus tahu terlebih dahulu tentang siklus haid Anda. Hal ini dikarenakan hitungan kalender akan menggunakan HPHT atau hari pertama haid terakhir dalam rumus penghitungannya. Setelah itu tanggal HPHT akan dihitung dengan rumus yang dikenal dengan nama Naegele.

Bagaimana cara menghitung usia kehamilan secara manual dengan Naegele? HPHT ditambah 7, kemudian bulan haid – 3, serta pada tahun ditambah angka 1. Rumusnya mungkin sangat sederhana, akan tetapi rumus Naegele ini biasanya lebih sering digunakan pada wanita yang memiliki siklus haid yang teratur, yaitu setiap 28 hari atau 30 hari.

Kami akan berikan contoh bagaimana cara menghitung usia kehamilan dalam minggu dengan cara Naegele. Rumus Naegele ini juga isa digunakan untuk memperkirakan kapan anak Anda akan lahir. Hari perkiraan lahir atau HPL bisa dirumuskan HPHT-7, bulan HPHT-3, dan tambahkan 1 pada tahunnya. Akan tetapi jika bulannya tidak bisa dikurang tiga alias bulan Januari-Maret, maka jumlahkan dengan 9, tetapi pada tahunnya tidak usah ditambahkan 1. Contohnya HPHT adalah tanggal 4 Agustus 2015, maka penghitungannya 4 - 7 = 27 (tanggal), 8 (Agustus) – 3 = 5 (Mei) dan tahun 15 + 1 = 16. Jadi hari perkiraan lahir atau HPL adalah tanggal 27 Mei 2016. Akan tetapi HPL biasanya diberikan waktu plus minus sekitar 7 hari. Jadi kemungkinan HPL adalah tanggal 20 Mei – 4 Juni 2016. Sedangkan cara menghitung usia kehamilan misalnya HPHT adalah 4 Agustus, berarti 4 September adalah bulan pertama, dan seterusnya.

-Sistem Fundus Uteri
Cara menghitung usia kehamilan dalam minggu selanjutnya adalah dengan cara fundus uteri atau puncak rahim. Anda bisa melakukannya dengan cara meraba bagian rahim terutama pada bagian yang terasa menonjol di bagian perut. Cara menghitungnya bisa Anda lakukan mulai dari tulang kemaluan. Jika kiranya jarak tulang kemaluan sampai puncak rahim atau fundus uterinya sekitar 28 cm, bisa diperkirakan usia kehamilan Anda sudah memasuki minggu ke-28. Sedangkan pada minggu ke-36 jaraknya akan bertambah menjadi 36 cm. Apabila berat badan Anda normal, Anda bisa hitung jarak tersebut dengan cara meletakkan dua jari mulai dari tulang kemaluan sampai fundus Uteri. Teorinya adalah, setiap dua jari Anda menandakan 2 minggu usia kehamilan Anda.

-Deteksi Gerakan Janin
Selain dua cara sebelumnya, ada juga cara yang sangat mudah dilakukan tetapi mungkin keakuratannya tidak bisa dipastikan 100%. Anda bisa mengetahui usia kehamilan Anda dengan cara merasakan gerakan janin yang ada di dalam perut Anda. Jika janin sudah mulai bergerak-gerak dalam perut dan Anda sudah isa merasakannya, diperkirakan kehamilan Anda sudah memasuki minggu 18 sampai minggu ke-20. Namun usia 18-20 minggu tersebut diperuntukkan bagi Anda yang baru pertama kali hamil. Sedangkan untuk wanita yang sebelumnya sudah pernah hamil, jika tanda-tanda tersebut terjadi berarti usia kehamilannya sudah memasuki minggu ke-16 – ke-18.

-Kalkulator Masa Subur
Cara yang terakhir adalah dengan cara yang disebut dengan kalkulator masa subur. Cara ini juga bisa menjadi cara menghitung usia kehamilan jika lupa HPHT. Cara ini dibuat khusus untuk menghitung berapa usia kehamilan Anda. Cara ini mungkin adalah cara yang sudah cukup modern dan bisa Anda lakukan secara instan tanpa harus melakukan penghitungan yang rumit. Kalkulator masa subur biasanya bisa Anda lakukan dengan aplikasi. Anda tinggal menggerakkan mouse memutar lingkaran sesuai dengan kondisi kehamilan saat itu. Dari situ Anda akan mendapatkan data mengenai usia kehamilan, kondisi janin, sekaligus tanggal lahir anak Anda.

Akan tetapi yang perlu Anda ingat dengan cara menghitung usia kehamilan dalam minggu ini adalah cara ini hanya akan memberikan gambaran secara umum saja. Akan tetapi untuk lebih akuratnya mungkin Anda bisa gunakan cara menghitung kehamilan secara manual.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam sehat,

 

0 Komentar

Belum ada komentar