Sukses

Gatal dan Panas Pada Vagina Saat Menstruasi

26 Jul 2017, 09:48 WIB
Wanita, 17 tahun.

Dok, saya ingin menanyakan tentang Ms.V saya Ketika saya menstruasi, kenapa Ms.V saya terkadang gatal sekali dan sebelum menstruasi terkadang banyak sekali cairan lengket yang keluar dan juga saat menstruasi saya terkadang merasakan panas dan perih ketika saya garuk lembut seperti rambut di Ms.V saya ini ikutan tertarik Saya sering menggunakan softex whisper karna dlu saya pake charm pantat saya dan bibir vagina saya benjol2 kecil seperti jerawat Sekarang saya sedang menggunakan softex laurier. Thanks

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah bertanya mengenai Gatal saat menstruasi menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Berdasarkan informasi yang Anda sampaikan tampak terdapat alergi atau iritasi pada kulit Anda.

Untuk memilih pembalut yang baik, sebaiknya Anda memperhatikan bahan-bahan yang digunakan pada pembalut tersebut, apakah dapat menyebabkan reaksi alergi pada daerah vagina. Jika Anda mengalami alergi pada beberapa pembalut kami sarankan Anda menggunakan pembalut buatan sendiri berbahan handuk atau katun lembut.

Kegunaan pembalut adalah untuk membantu wanita selama menstruasi agar darah menstruasi tertampung dengan baik. Penggantian pembalut sebaiknya dilakukan minimal 3 kali sehari. Jika jumlah darah menstruasi sedang banyak maka penggantian pembalut sebaiknya dapat lebih sering agar daerah intim Anda tetap kering, lebih nyaman dan tidak menjadi terlalu lembab sehingga menyebabkan iritasi.

Alergi yang ditimbulkan dari pembalut dan tampon disebut sebagai dermatitis kontak, di mana reaksi alergi dapat hilang jika sudah dijauhkan dan dihindarkan dari pencetus alerginya. Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengobati alergi akibat pembalut dan tampon adalah:

-Membersihkan dan mengompres dengan air hangat di daerah sekitar kewanitaan yang mengalami peradangan.
-Hindari menggunakan salep atau cairan pembersih yang tidak diketahui secara medis dapat bermanfaat, karena dapat memperberat keluhan peradangan yang ditimbulkan.

Jika keluhan yang Anda rasakan tidak dapat tertangani dengan baik, hendaknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk dapat menentukan dan melakukan penanganan yang tepat.

Untuk menghindari alergi pembalut dan tampon, Anda harus selalu mencuci tangan dengan bersih jika akan menyentuh daerah kewanitaan, atau saat akan menggunakan pembalut atau tampon.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar