Sukses

Multiple Adenomyosis Dengan CA-125 Yang Tinggi

26 Jul 2017, 02:44 WIB
Wanita, 30 tahun.

Selamat sore dokter... Dokter apa dg Ca 125 tinggi harus d lakukan operasi??? Krn saya jg ada multiple adenomyosis...

Terima kasih telah bertanya seputar multiple adenomyosis dengan CA-125 yang tinggi melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. CA-125 merupakan protein yang disebut juga tumor marker atau biomarker, yaitu suatu substansi yang ditemukan dalam jumlah besar pada sel-sel tumor dibandingkan pada sel-sel lain dalam tubuh. Peningkatan kadar CA-125 dalam darah juga ditemukan pada keadaan tumor tuba falopii, dinding uterus paru, payudara, atau saluran pencernaan. 

Sedangkan kondisi Anda yaitu adenomyosis adalah kondisi di mana lapisan terdalam dari dinding rahim yaitu endometrium tumbuh sampai melewati otot rahim di bagian luarnya. Adenomyosis dapat menyebaban keram saat menstruasi, perasaan menekan pada perut bawah, dan terasa begah sebelum menstruasi, sampai menstruasi yang keluar darah banyak. Kondisi ini adalah kondisi yang jinak, tetapi nyeri haid dan banyaknya perdarahan pada setiap menstruasi dapat menyebabkan penurunan kualitas hidup seorang perempuan.

CA-125 memang sering tinggi pada kanker indung telur atau pun endometriosis. Banyak pasien dengan adenomyosis juga memiliki kadar CA-125 yang tinggi. Mengenai indikasi operasi, sebaiknya konsultasikan kondisi Anda ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang menangani Anda, karena dibutuhkan wawancara medis, pemeriksaan fisik dan penunjang.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai multiple adenomyosis dengan CA-125 yang tinggi. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar