Sukses

Penggunaan KB Dan Gangguan Haid

26 Jul 2017, 09:48 WIB
Wanita, 25 tahun.

Sekitar bulan 12-2016 saya sudah berhenti ikut suntik kb yg 3 bulan ... Setelahnya saya jrang menstruasi(tdk teratur / tdk banyak) sya konsul k dokter terdekat katanya suruh coba minum pil kb smpai drah haid keluar ,.. Bulan4 saya haid lumayan normal ... Sya pikir hormon saya sudh normal krn bln 5 tgl 26 sya dtg bulan lagi ,n sampe skrg blm dtg bulan lagi ..sya pikir sya hamil tp smlm saya cek trnyta negativ. Apa ada yg slah dengan saya. Atau memang hormon dr suntik kb nya blm normal

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah bertanya mengenai haid dan KB suntik menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda alami. Salah satu efek samping dari KB suntik yang tergolong sebagai KB hormonal adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan, bahkan 70% pengguna KB suntik tidak mengalami siklus menstruasi. Setiap individu memiliki efek respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini. 

Penggunaan KB suntik yang tidak teratur juga memang dapat menyebabkan gangguan pada siklus haid. Bila Anda tidak nyaman dengan penggunaan KB yang saat ini digunakan maka Anda dapat mengganti metode kontrasepsinya. Pergantian kontrasepsi tentu saja dapat dilakukan jika memang diperlukan, misalkan karena efek samping yang kurang dapat diatasi. Diskusikanlah dengan dokter Anda mengenai pilihan KB yang paling sesuai bagi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai haid dan KB suntik, semoga bermanfaat. Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar