Sukses

Perdarahan di Luar Haid

26 Jul 2017, 10:22 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok saya mau tanya.. Saya haid tgl 13 juli kemarin tapi darah yg keluar sedikit seperti flek dan berwarna merah. Dan itu berlangsung selama 7 hari. Haid saya memang tidak teratur tapi 2 bulan ini haid saya teratur tepat tanggal 13. Lalu tgl 24 keluar kembali dan sama seperti kemarin seperti lendir berwarna merah. Pertanyaan saya, kenapa darah haid saya seperti flek berwarna merah? Sekian.

Terimakasih sudah bertanya seputar mens tidak teratur melalui fitur Tanya Dokter di Klikdokter.com

Sebelumnya kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai darah haid. Darah haid terdiri dari 3 komponen yaitu cairan darah, lendir, dan jaringan dinding rahim (endometrium). Warna darah haid tidak selalu merah segar, tetapi bisa berwarna agak kecoklatan atau kehitaman. Hal ini dipengaruhi oleh keadaan asam/basa dan cairan vagina.

Darah haid akan berwarna merah segar jika komposisi darah lebih banyak, warna kecoklatan jika lendir lebih banyak, dan warna kehitaman jika jaringan yang lebih banyak. Jumlah darah haid dan komponennya pun bisa berubah, tergantung kondisi perempuan saat mengalami haid. Wanita dengan anemia atau kadar hemoglobin rendah biasanya warna darah haid lebih gelap sampai kehitaman. Saat melewati vagina, darah bisa berkontak dengan cairan vagina yang bersifat asam, menimbulkan warna merah menjadi lebih gelap.

Yang terpenting untuk diperhatikan bukanlah warna darah, tapi siklus menstruasi, durasi, dan volume perdarahan. Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, selama 2-8 hari, dan volume darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari (1-6 pembalut per hari). Jadi Anda tidak perlu khawatir jika siklus menstruasi, durasi, dan volume perdarahan masih dalam batas normal.

Kondisi demikian disebut sebagai metroragia, yaitu adanya perdarahan di luar mens Kemungkinan penyebabnya sangat luas, mulai dari yang tidak berbahaya sampai yang bebahaya. Oleh karena itu saya menyarankan Anda, melakukan pemeriksaan dengan dokter, terutama untuk menyingkirkan kemungkinan penyebab yang berbahaya.

Kemungkinan yang pertama berkaitan dengan kehamilan dan komplikasi terkait kehamilan. Apabila Anda dalam beberapa waktu terakhir melakukan kontak seksual, maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan kehamilan. Apabila terbukti hamil, Anda harus waspada. Kehamilan dengan pendarahan merupakan kasus yang butuh evaluasi lebih lanjut.

Kemungkinan kedua terkait dengan konsumsi obat. Sejumlah obat bisa mengganggu kondisi Anda sehingga menghasilkan permasalahan menstruasi. Misalnya aspirin, obat pengencer darah (warfarin), obat antidepresi, steroid, obat untuk penyakit gondok, atau pil KB.

Kemungkinan ketiga berkaitan dengan gangguan pada organ lain yang berpengaruh pada siklus mens Anda. Misalnya pada kasus penyakit hipertiroid atau peningkatan fungsi kelenjar gondok ditandai dengan sering berkeringat, jantung berdegub kencang, dan penurunan berat badan. Masalah lain seperti PCOS atau kelainan pada ovarium ditandai dengan hitam nya kuduk, tumbuh rambut halus ditempat yang tidak seharusnya, dan jerawat. Masalah tersebut mempengaruhi ketidakseimbangan hormon dalam tubuh Anda.

Kemungkinan keempat berkaitan dengan gangguan pada rahim itu sendiri. Misalnya pada kondisi riwayat infeksi menular seksual, adanya gangguan pada organ kewanitaan seperti indung telur, atau pembesaran rahim yang tidak normal. Bisa juga berkaitan dengan tumor lapisan dalam rahim, namun jarang ditemukan pada rentang usia Anda.

Apabila semua kemungkinan tersebut tidak ditemukan maka dicurigai permasalahan pematangan pada pengaturan hormone sex Anda yang mengakibatkan tidak rutinnya pelepasan sel telur dalam setiap siklus menstruasi. 

Anda kami sarankan untuk memeriksakan diri pada spesialis kebidanan dan kandungan untuk menentukan penyebab keluhan Anda.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan terkait mens tidak teratur, semoga bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar