Sukses

Jerawat Batu

26 Jul 2017, 09:47 WIB
Wanita, 35 tahun.

Siang dokter..dok saya bermasalah dengan jerawat batu..tiap sembuh 1 pasti ada yg muncul lagi..sdh bermcam obat digunakan tapi sedikit perubahan,skrg lagi menggunakan mediklin..kira2 terapi apa yg tepat dokter..mohon pencerahan..oo ya dok ini sdh berlangsung sekitar 1,5 tahun..makash dokter

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telahbertanya mengenai jerawat batu melalui fitur Tanya dokter.

Kami memahami ketidaknyamanan yang Anda rasaka. Jerawat batu (Cystic acne) adalah jerawat yang besar-besar, dengan peradangan hebat, berkumpul diseluruh muka. Penderita cystic acne biasanya juga memiliki keluarga dekat yang menderita jerawat jenis ini. Secara genetik penderitanya memiliki:

-Kelenjar minyak yang over aktifyang membanjiri pori-pori dengan kelenjar minyak,
-Pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal yang tidak bisa beregenerasi secepat kulit normal
-Memiliki respon yang berlebihan terhadap peradangan sehingga meninggalkan bekas di kulit

Yang terpenting dalam mengatasi jerawat adalah pencegahannya. Bersihkan wajah Anda 2 kali dalam sehari untuk membersihkan wajah dari sel kulit mati, kotoran, dan minyak di permukaan kulit. Disarankan mencuci muka dua kali dalam sehari. Gunakan air hangat bukan panas dan pembersih wajah. Gunakan sabun yang lembut oleh karena sabun keras dapat membuat radang dan memperberat jerawat. Hindari mengusap wajah terlalu keras, bersihkan wajah secara lembut dan perlahan.

Jika jerawat sudah terlanjur muncul, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan dalam mengatasinya:

-Pelembab
Beberapa produk penghilang jerawat mengandung bahan-bahan yang dapat membuat kering, oleh karena itu selalu ingat untuk menggunakan pelembab sehingga mencegah kulit kering dan pengelupasan kulit. Gunakan pelembab yang khusus untuk kulit berjerawat.

-Gunakan Obat Jerawat Yang Dijual Di Pasaran
Cobalah gunakan obat-obat jerawat yang dijual di pasaran yang tidak perlu menggunakan resep. Produk-produk ini dapat mengandung benzoyl peroxide atau salicylic acid yang dapat membunuh bakteri dan membuat kulit tidak berminyak. Gunakan dalam dosis yang sedikit dahulu lalu sesuaikan dosisinya dengan kondisi kulit Anda.

-Gunakan Make-up Seperlunya
Saat Anda sedag berjerawat hindari penggunaan foundation, bedak, atau blush on. Bila harus menggunakan make-up jangan lupa untuk membersihkannya saat pulang ke rumah. Gunakan make-up yang tidak memicu timbulnya jerawat.

-Hati-hati Pengunaan Produk Di Rambut
Hindari penggunaan minyak wangi, minyak, atau gel di rambut saat Anda sedang berjerawat. Gunakan shampoo dan conditioner yang lembut oleh karena rambut berminyak dapat menambah kandungan minyak ke wajah.

-Jangan Menyentuh Wajah
Hindari menyentu wajah Anda saat sedang berjerawat. Menyentuh wajah bukan hanya dapat menyebarkan bakteri karena dapat semakin mengiritasi wajah saat kulit Anda sedang sensitif.

-Hindari Sinar Matahari
Sinar UV dari matahari dapat meningkatkan peradangan dan kemerahan. Jangan lupa untuk menggunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih bila terpapar dengan matahari.

-Berikan Nutrisi Ke Kulit
Perbanyak konsumsi sayur dan buah serta hindari konsumsi makanan yang tinggi akan lemak.

-Olahraga
Olahraga secara teratur sangat baik untuk tubuh termasuk untuk kulit. Hindari penggunaan baju atau alat olahraga yang dapat mengiritasi kulit. Ingat untuk mandi setelah berolahraga.

-Hindari stress
Beberapa studi mengaitkan pertumbuhan jerawat dengan stress. Oleh karena itu hindari stres dan nikmati hidup Anda.

Untuk jerawat yang membandel atau jerawat batu, pada umumnya memerlukan tindakan khusus oleh dokter untuk mengatasinya. Lakukanlah pemeriksaan dengan Dokter spesialis Kulit dan Kelamin dan berkonsultasilah mengenai perawatan yang ideal bagi Anda. Hal ini disebabkan karena banyaknya variasi jerawat, variasi jenis dan kondisi kulit, variasi pengobatan, serta efek samping yang bisa timbul terkait masing-masing pengobatan juga bervariasi. Dengan berkonsultasi dengan dokter, maka kondisi kulit Anda dan kemungkinan efek samping yang bisa ditimbulkan akan dievaluasi dengan detail dan jenis perawatan paling ideal ditentukan.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar