Sukses

Benjolan Bernanah Pada Anus, Apa Sebabnya?

26 Jul 2017, 00:16 WIB
Pria, 32 tahun.

Hallo dokter, saya mau konsultasi, di bagian sekitar daerah anus, tepatnya di sisi samping kanan terdapat sebuah benjolan, yang mana apabila sedang muncul, rasanya gatal, perih, dan sakit. Pernah saya coba pencet dengan tangan, benjolannya pecah dan mengeluarkan nanah serta darah... Pertanda penyakit apakah ini dok??? Mohon penjelasannya... Terima kasih

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk bertanya tentang benjolan bernanah pada anus.

Gejala yang Anda sampaikan menunjukkan adanya infeksi pada daerah sekitar anus. Infeksi tersebut menyebabkan reaksi tubuh melawan kuman penyebab infeksi. Sebagai akibat perlawanan tersebut, timbul nanah dan darah. Jumlah nanah dan darah yang bertambah, akan tampil sebagai benjolan yang teraba di kulit. Penyakit ini disebut juga sebagai abses perianal.

Biasanya rasa gatal, perih, dan sakit akan berkurang apabila benjolan sudah pecah dan nanah mengalir keluar. Namun, perlu diingat bahwa keluhan ini dapat berulang, selama kuman penyebab infeksi belum diatasi. Kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis bedah untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Demikian informasi tentang benjolan bernanah pada anus, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar