Sukses

Biang keringat

25 Jul 2017, 20:01 WIB
Wanita, 20 tahun.

Syalom dok, kenalkan nama saya wensi, umr sy 20thn. Sy ingin mengkonsultasi sakit dan keluhan saya, saya sdh 3minggu ini ada masalah dengan kulit dok. Kulit di tubuh saya awalnya seperti terkena biang keringat tapi itu timbul di bagian bawah payudara, bagian ketiak, bagian wajah, hidung, bibir dan telapak tangan jg telapak kaki, bgni dok peristiwa awalnya itu seperti biang keringat krna gatal sy pake Calasine Lition tapi malah tambah meruas, dan sekarang biang keringatku malah tambah melebar, sering gatal cuma kalo di garuk perik dan bentuknya seperti iritasi kulit dok Itu kenapa ya dok, mohon di jawab Thx. GBU

Terima kasih sudah bertanya tentang Biang keringat menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.

Dari deskripsi singkat Anda, sepertinya Anda mengalami biang keringat Biang keringat atau disebut juga miliaria rubra, merupakan ruam kulit berupa bintik-bintik kemerahan yang gatal dan dapat terasa menyengat.

Miliaria dapat terjadi di bagian tubuh mana saja, namun paling sering timbul di wajah, leher, punggung, dada, atau paha beberapa hari setelah terpapar udara panas.

Kadangkala kemerahan tersebut dapat melenting seperti terisi cairan dan nampak lebih bengkak, gatak, serta terasa menyengat.

Miliaria ini umumnya muncul ketika seseorang berkeringat lebih banyak dari biasanya, ketika cuaca panas atau lembap. Pada miliaria, terjadi sumbatan kelenjar keringat sehingga keringat terjebak dan menimbulkan iritasi pada kulit. Keluhan miliaria lebih terasa pada area yang tertutup pakaian.

Miliaria bukanlah kondisi yang serius dan jarang membutuhkan penanganan khusus. Biasanya ruam akan hilang dalam beberapa hari. Namun, bila ini sering kambuh tentunya sangat mengganggu.

Berikut adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi keluhan:

  • Hindari paparan panas dan lembap yang berlebihan. Bila harus bepergian di luar rumah, gunakan payung atau topi untuk mencegah paparan panas yang berlebihan.
  • Konsumsi lebih bbanyak air minum untuk menghindari dehidrasi.
  • Gunakan pakaian yang berbahan katun dan longgar agar menyerap keringat.
  • Jaga kulit Anda tetap sejuk dengan mandi air biasa/dingin. Berada di dalam ruangan berpendingin selama beberapa jam sehari juga dapat mengurangi keluhan. Bila perlu gunakan kompres dingin, namun jangan lebih dari 20 menit.
  • Gunakan lotio calamine untuk menyejukkan dan mengurangi iritasi pada kulit.
  • Gunakan krim hidrokortison potensi rendah bila kulit amat gatal dan kemerahan. Hindari menggunakan krim ini pada wajah.

Pada penyakit miliaria ini tidak diperlukan pengobatan khusus. Tindakan yang dapat dilakukan adalah cukup dengan menghindari panas yang berlebihan, mengusahakan ventilasi yang baik, pakaian tipis dan menyerap keringat. Anda juga dapat memberikan bedak yang mengandung kandungan salisil 2% dan mentol. Sedangkan jika mengalami peradangan (ditandai dengan kemerahan yang sangat banyak dan menyeluruh) dapat diberikan salep antibiotik. Namun tentunya pemberiannya harus atas persetujuan dokter spesialis kulit yang menangani. Kami sarakan untuk berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kulit dan kelamin jika keluhan dirasakan semakin menganggu.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Biang keringat, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar