Sukses

Penyebab Detak Jantung Prematur Atau Tidak Beraturan

25 Jul 2017, 22:48 WIB
Wanita, 19 tahun.

Malam dok. Detak jantung jantung saya seringkali prematur, berdetak lebih awal daripada seharusnya. Awalnya jarang, tapi lama lama semakin sering terjadi. Kadang dalam satu menit bisa tiga atau empat kali. Dan setiap kali detak jantung prematur, selalu terasa sakit dan kadang nafas saya sesak. Pertanyaan saya, apakah itu berbahaya?

Terima kasih telah bertanya seputar detak jantung tidak beraturan melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Detak jantung tidak beraturan di dalam dunia kedokteran dikenal dengan aritmia. Aritmia adalah gangguan irama jantung yang dapat mengakibatkan jantung berdetak terlalu cepat (takikardi), terlalu lambat (bradikardi), atau tidak teratur (iregular).

Kebanyakan aritmia tidak berbahaya namun beberapa jenisnya dapat berkomplikasi lebih serius dan mengakibatkan kematian. Apabila jantung mengalami gangguan irama, kemungkinan jantung tidak dapat memompa cukup banyak darah ke jaringan tubuh. Akibatnya sel-sel tubuh termasuk diantaranya adalah otak, ginjal, dan organ lain kekurangan oksigen dan nutrisi.

Dalam dunia medis, kelainan pada jantung banyak sekali bentuk dan jenisnya. Sebaiknya konsultasikan kondisi Anda ke dokter terdekat atau spesialis jantung untuk dilakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan bila perlu pemeriksaan penunjang seperti EKG.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai detak jantung tidak beraturan. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar