Sukses

Kesulitan Mengingat

25 Jul 2017, 21:27 WIB
Wanita, 18 tahun.

Halo Dok, saya ingin bertanya perihal kebiasaan yang kemudian menjadi masalah saya saat ini, yaitu sering lupa. Kebiasaan saya sering lupa sudah muncul sejak SD sekitar umur 9 tahun, ketika itu, lupa membawa tas ke sekolah diikuti barang-barang lainnya. Informasi ini saya dapatkan dari cerita-cerita orang terdekat saya, dan sampai SMA saya anggap biasa. Sejak menginjak umur 18 tahun, orang terdekat sy mengatakan kalau saya sering bangun ketika mendengar bunyi alarm, mematikannya, jalan keluar kamar lalu kembali tidur. Kejadian tersebut terjadi hampir sering, dan saya sama sekali lupa telah melakukannya. Ditambah, saya terkadang sering tidak ingat melakukan hal yang barusan saya lakukan dan seperti tidak sadar. Memang, untuk saat ini tidak begitu mengganggu kegiatan belajar saya (berhubung saya masih pelajar), namun apakah masalah ini dapat menjadi lebih parah ya Dok? Mohon penjelasan dan solusinya. Terimakasih.

Terima kasih sudah bertanya mengenai kesulitan mengingat melalui Fitur Tanya Dokter

Kondisi yang Anda alami sudah berlangsung lama. Kondisi ini bisa saja berkaitan dengan hal yang sederhana, namun juga bisa berkaitan dengan hal yang kompleks. Ada banyak hal yang perlu di evaluasi, misalnya mengenai masa kecil Anda, stressor saat masa kecil, cara orangtua membesarkan, cara orang tua menghadapi kelupaan yang anda miliki, Ada tidaknya gangguan belajar, apakah ada keluhan lain seperti kelemahan sesisi, gangguan keseimbangan, dan lain lain.

Kondisi yang paling sederhana berkaitan dengan kebiasaan Anda sendiri. Anda harus berupaya untuk lebih memperhatikan yang Anda lakukan. Melatih diri mengingat, membuat ceklis kegiatan, dan mengevaluasi kegiatan akan membantu Anda. Bisa saja "karena Anda anggap biasa" maka Anda tidak membiarkan diri Anda untuk berupaya mengingat. Buatlah kebiasaan baru untuk mengingat setiap hal yang Anda lakukan

Kondisi yang lain berkaitan dengan gangguan Atensi dan Hiperaktif. Gangguan atensi akan membuat seorang anak lebih tidak peduli dengan apa yang dilakukannya sehingga sering mengalami kehilangan barang. Gangguan atensi membatasi seorang anak untuk mendengarkan apa yang dikatakan orang padanya. Kondisi ini harusnya terlihat di lingkungan rumah ataupun sekolah.

Selain memori, ada beberapa lain fungsi otak seperti kemampuan visuospasial, berbahasa, registrasi, kemampuan eksekutif. Bila ada kondisi yang lebih kompleks di otak bisa saja menyebabkan kondisi demikian. Gejala lain seperti nyeri kepala, gangguan keseimbangan juga mendukung kemungkinan ini.

Apabila kondisi Anda masih berlanjut, kami sarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan pada dokter spesialis kesehatan jiwa dan saraf untuk berkonsultasi mengenai penyebab dan terapi bila dibutuhkan.

Demikian informasi yang kami sampaikan megenai kesulitan mengingat. Semoga bermanfaat

 

0 Komentar

Belum ada komentar