Sukses

Urat di Betis Kaki

25 Jul 2017, 19:16 WIB
Wanita, 19 tahun.

Saya ingin bertanya dok, begini kaki saya ini setiap kerja apa saja pekerjaan rumah banyak dan kelamaan berdiri selalu saja timbul urat dibetis, tetapi setelah tidak bekerja atau tidak melakukan aktivitas enggak ada lagi timbul uratnya kembali seperti biasa tetapi tidak ada rasa sakit dok, itu kenapa ya dok?

Terima kasih sudah bertanya tentang Urat di Betis Kaki menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.

Urat-urat seperti garis halus berwarna kebiruan di betis Anda kemungkinan adalah pelebaran pembuluh darah vena (pembuluh balik) yang disebut juga dengan varises.

Varises pembuluh darah vena disebabkan oleh pengumpulan darah pada vena bagian perifer (tepi) akibat tidak efisiennya katup yang ada. Pada kondisi normal, katup pada vena mencegah darah kembali mengalir ke tungkai. Peningkatan tekanan akibat kurangnya olahraga, obesitas, sering memakai hak tinggi, dapat melambatkan aliran darah yang terkadang menyebabkan pembesaran atau pembengkakan dari pembuluh vena.

Varises vena dapat berupa pelebaran vena yang berwarna biru di permukaan kulit, gatal, dan menyebabkan rasa tidak nyaman. Kaki dan persendian dapat menjadi bengkak. Terapi penekanan dengan menggunakan stoking khusus dapat mengurangi gejala varises yang sudah terjadi namun tidak dapat mencegah varises yang akan terjadi. Yang dapat anda lakukan untuk mencegah terjadinya varises diantaranya adalah :

  • Hindari duduk atau berdiri dalam waktu lama, ubah posisi secara berkala
  • Hindari berada dalam posisi yang membatasi peredaran darah pada tungkai (seperti menyilangkan kaki ketika duduk)
  • Tinggikan posisi tungkai dan kaki ketika duduk
  • Berolahraga secara teratur
  • Pemakaian stoking namun hindari pakai celana yang terlalu ketat di bagian tungkai
  • Berolahrga teratur dapat melancarkan aliran pembuluh darah di kaki.

Selain itu juga jangan terlalu sering memakai sepatu hak tinggi dengan hak yang runcing. Anda juga dapat mengkonsumsi obat untuk varises yang dapat diresepkan oleh dokter.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Urat di Betis Kaki , semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar