Sukses

Gagal Ginjal Akut dan Kronik

25 Jul 2017, 19:16 WIB
Pria, 26 tahun.

dok saya ingin nanya perbedaan antara gagal ginjal akut sama gagal ginjal kronik itu apa yaa trus diagnosa ureum sma kreatinin antara kedua nya brp yg normal nya yaa dok ?

Terima kasih sudah bertanya tentang Gagal Ginjal Akut dan Kronik menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.

Gagal ginjal terdiri atas gagal ginjal akut dan kronik. Pada gagal ginjal akut, yang perlu diperhatikan adalah menghilangkan penyebabnya agar ginjal kembali berfungsi dengan baik. Pada gagal ginjal kronik, berarti ginjal tidak dapat bekerja secara sempurna yang sudah berlangsung lama, dapat disebabkan karena beberapa penyakit dasar, dengan gejala-gejala tertentu. agal ginjal akut bisa sepenuhnya diobati. Bila Anda memiliki kondisi kesehatan yang baik, fungsi ginjal Anda bisa kembali seperti semula.

Siapapun bisa menderita gagal ginjal akut, tapi jika Anda memiliki salah satu faktor di bawah ini, risiko bisa meningkat:

  • Usia lanjut
  • Diabetes
  • Hipertensi
  • Gagal jantung
  • Gagal hati
  • Penyumbatan pembuluh darah di dalam lengan dan kaki (penyakit peripheral arterial)

Ginjal berfungsi untuk mengeluarkan sisa produk metabolisme dan cairan berlebih dalam tubuh. Apabila tidak dikeluarkan, produk sisa metabolisme ini dapat menjadi racun bagi tubuh. Sisa produk metabolisme berasal dari makanan yang anda makan dan minuman yang anda minum. Bila Anda memiliki gagal ginjal, maka produk racun ini serta cairan berlebih akan terjebak dan tidak dapat dikeluarkan dari tubuh Anda.

Sebagai gambaran, gagal ginjal terbagi atas 5 derajat. Stadium 1 sampai 3 pada umumnya dapat ditangani dengan pemberian obat-obatan. Namun pada Stadium 4 dan 5, telah terjadi kerusakan lanjut pada ginjal sehingga harus dilakukan cuci darah/hemodialisa.

Gagal ginjal dapat berkembang dengan cepat hanya dalam beberapa jam sampai beberapa hari. Orang dengan gagal ginjal dapat menjadi fatal serta membutuhkan perawatan medis intensif. Jika ginjal anda masih dalam kondisi yang baik, jaga baik-baik kesehatan ginjal anda.

Kreatinin merupakan produk sisa metabolisme otot dan sebagian kecil dari konsumsi daging. Ginjal yang sehat dapat menyaring kreatinin dan produk sisa lain dari darah untuk dibuang dengan urin. Bila ginjal tidak bekerja dengan baik, kreatinin dapat terakumulasi di dalam darah.

Pemeriksaan kreatinin biasanya bersamaan dengan pemeriksaan kadar ureum darah. Ureum merupakan hasil akhir metabolisme protein yang juga dibuang melalui ginjal. Data ureum dan kreatinin digunakan untuk memperkirakan kecepatan penyaringan ginjal.

Pada umumnya batas normal ureum pria adalah 15-38 mg/dl, sedangkan wanita 7-18 mg/dl. Kadar kreatinin normal pada pria adalah 0,7-1,4 mg/dl, sedangkan pada wanita 0,6-1,2 mg/dl.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Gagal Ginjal Akut dan Kronik , semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar