Sukses

Pusing Saat Berubah Posisi

25 Jul 2017, 19:16 WIB
Pria, 21 tahun.

dok, saya ingin bertanya. beberapa hari ini saya menjalani pola makan yg buruk. dan sudah 3 hari ini tidak mengkonsumsi nasi. lantas sekarang kepala saya pusing , seperti mengayun ayun... namun setelah saya kembalikan pola makan saya seperti biasa lagi. kepala saya masih pusing dok... apalagi ketika posisi kepala saya tidak tepat ketika tidur.. pusing akan kembali muncul. kira" karena apa ya dok? apakah karena pola makan saya yg buruk. sehingga maag saya sakit?

Terima kasih sudah bertanya tentang pusing saat berubah posisi menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.

Rasa pusing, mata berkunang-kunang, pandangan gelap, seperti melayang setelah bangun dari duduk atau tidur sering disebabkan oleh hipotensi ortostatik yaitu tekanan darah rendah yang disebabkan oleh posisi. Pada saat berdiri/duduk tiba-tiba darah akan secara mendadak turun ke bagian tubuh paling bawah (kaki) akibat gaya gravitasi.

Orang yang sehat setelah duduk atau berbaring kemudian berdiri dapat menyesuaikan dalam beberapa detik. Namun jika kondisi ini berlangsung lama atau hingga membuat orang pingsan meskipun sesaat, bisa jadi hal ini merupakan tanda-tanda adanya masalah yang lebih serius.

Penyebabnya adalah karena kekurangan cairan/dehidrasi, kurang olahraga, atau anemia. Penyebab lainnya adalah diabetes, gagal jantung, dan gangguan syaraf. Jika Anda sering merasa pusing dan lemas, memang perlu dicurigai anemia penyebabnya dan diperlukan pemeriksaan laboratorium untuk menilai kadar hemoglobin.

Untuk mengurangi gejala tersebut, jangan berdiri/duduk tiba-tiba setelah tidur, bangunlah secara bertahap dan perlahan agar Anda tidak pusing, minumlah minimal 8 gelas/hari, olahraga teratur 3-4x/minggu selama minimal 30 menit setiap sesinya, dan konsumsi makanan yang kaya zat besi.

Jika keluhan dirasa sangat mengganggu, kami sarankan Anda melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan diketahui penyebab sehingga dapat diberikan terapi yang optimal.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang pusing saat berubah posisi, semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar