Sukses

Khawatir Punya Sakit Bermacam-macam

25 Jul 2017, 17:24 WIB
Wanita, 17 tahun.

Hay dok saya Eva 17 tahun sya selalu merasa diri sya itu sakit berat dimulai dari diabetes jantung koroner dan sekarang leukimia sya tidak pernah hidup nyaman dok dan anehnya setiap gejala yang saya keluhkan hanya bertahan beberapa saat dan berubah dg yang lainya saya merasa sangat takut mati entah kenapa sya sekarang berpikiran bahwa diri saya terkena laukimia itu di karenakan tangan saya putih dan tidak terlalu merona badahal sya sangat tau itu memang jenis saya dok sudah dari kecil tapi saya selalu selalu mecari topik untuk menakut nakuti diri saya sendiri sampai sampai kaluar keringat dingin Dan setiap saya baca di INTERNET semua gejala setelah saya baca dan pikir pikir lalu langsung ada semua di badan saya sya merasa yang saya baca itu semua langsung ada di badan sya . Pokoknya saya itu sudah spt orang Gila dok sampai mau di bwk ke psikiater oleh orangtua sya tapi sya tidak mau. sampai sampai sya sudah tidak di dengarkan oleh siapapun dok keluarga sya rasanya sudah capek mendegar keluhan sya yang setiap hari sya keluhkan dan tidak jelas dan berbagai ragam berpindah pindah sya kadang kasian dg diri sya .dok Saya sendiri seorang Atlet olahraga berat dok (Pencaksilat/Tarung) tentunya jika saya sakit berat sya sudah tidak sanggup sedangkan gejala ini sudah sya rasakan lama sekali dan berpindah sampai sya capek mengunjungi praktek dokter .

Terima kasih telah bertanya tentang keluhan Anda melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah Anda mengalami keluhan nyeri dada sehingga Anda yakin mengalami penyakit jantung koroner/ serangan jantung? Salah satu gejala pada serangan jantung adalah nyeri dada.

Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung adalah nyeri dada kiri yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, nyeri berlangsung 2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati. Nyeri yang demikian disebut dengan Angina. Bagaimana dengan keluhan Anda?

Jika Anda telah menjalani serangkaian pemeriksaan fisik dan penunjang terkait dengan gejala serangan jantung sesuai anjuran dokter Anda dan tidak didapatkan kelainan secara fisik terkait keluhan Anda maka masalah yang Anda alami mungkin adalah gangguan psikosomatis.

Gangguan psikosomatis adalah terjadinya keluhan fisik namun tidak ditemukan adanya gangguan fisikal yang dapat menjelaskan penyebab dari keluhan tersebut. Sindroma ini diklasifikasikan sebagai bagian dari neurotik, gangguan yang berkaitan dengan stres, dan gangguan somatoform oleh World Health Organization. Keluhan Anda mengarah ke psikosomatis bila tidak ditemukan kelainan baik fisik maupun pemeriksaan fisik dan penunjang pada Anda. Selain itu keluhan Anda tidak membaik dengan berbagai obat-obatan yang sudah diberikan.

Pengobatan psikosomatis merupakan integrasi berbagai bidang ilmu seperti psikiatri, psikologi, neurologi, dan berkaitan dengan bidang keluhan Anda yaitu penyakit dalam. Sebelumnya harus dicari terlebih dahulu apa pencetus dari psikosomatis ini, apakah faktor stres, depresi, atau penyakit kronik yang membuat seseorang menjadi depresi (kanker, asma, ulkus peptikum, stroke) atau malah ketakutan bila mengidap penyakit tertentu.

Jika memang hasil pemeriksaan jantung Anda menunjukkan hasil yang normal, maka tidak ada masalah dengan jantung Anda. Gangguan cemas memang dapat memberikan gejala berupa sesak napas, nyeri dada, jantung berdebar, keringat berlebih, dsb. Jika Anda selalu diliputi ketakutan maka apapun aktivitas yang Anda lakukan, Anda akan mengalami keluhan-keluhan yang memberatkan Anda.

Nampaknya keluhan Anda saat ini mengarah pada gangguan cemas berlebihan. Keluhan yang Anda sampaikan memerlukan wawancara medis yang lebih mendetil untuk mengetahui sejak kapan Anda mengalami hal ini, kapan saja Anda mengalami hal ini, dan hal-hal apa saja yang mengganggu pikiran Anda dan membuat Anda cemas. Hal ini memerlukan pembicaraan dan diskusi yang panjang dan mungkin membutuhkan beberapa kali pertemuan. Kecemasan yang berlebihan memerlukan penanganan yang menyeluruh oleh dokter spesialis psikiatri. Untuk itu, kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis psikiatri untuk membantu Anda mengatasi gangguan cemas berlebihan Anda.

Saat ini kami sarankan Anda mengunjungi dokter penyakit dalam terlebih dahulu untuk pemeriksaan menyeluruh, atau Anda dapat membawa hasil pemeriksaan Anda yang terdahulu sebagai informasi untuk dokter dan kemudian dokter spesialis psikiatri untuk konsultasi lebih lanjut dan pemberian obat. Dokter akan membantu Anda dengan mendengarkan keluhan Anda dan membantu Anda mencari penyelesaian yang tepat untuk keluhan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam.

0 Komentar

Belum ada komentar