Sukses

Suplemen Untuk Meningkatkan Kualitas Sperma

25 Jul 2017, 17:55 WIB
Wanita, 26 tahun.

Selamat siang Dokter, Saya baru menikah 4 bulan, dan sedang program untuk kehamilan. Kapan hari saya dgn suami mendapat tawaran vitamin di salah satu apotek terkenal untuk meningkatkan kualitas sperma dan sel telur, Dhextion, yg dalam kemasannya disebutkan menggunakan Pharmaceutical Grade DHEA. Anjuran minumnya suami 2x sehari, istri 1x sehari. Dan kami sudah minum 3 hari ini (masing2 1xsehari) tp tdk/blm merasakan apa-apa. Mohon bisa dijelaskan apakah memang DHEA itu bisa membantu meningkatkan kualitas sperma dn sel telur dok? Apakah vitamin ini aman apabila dikonsumsi ketika nanti sdh hamil? Apakah ada vitamin/asupan makanan lainnya untuk meningkatkan kualitas sperma dn sel telur? Terima kasih banyak Dokter

Terima kasih sudah bertanya menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.
Kami mohon maaf atas keterlambatan menjawab pertanyaan anda.

Sperma dihasilkan di dalam saluran reproduksi pria yaitu testes dan kemudian disimpan dan disalurkan apabila terjadi ejakulasi. Sel sperma akan matang dalam waktu kurang lebih 48 jam. Apabila ejakulasi terjadi lebih dari satu kali dalam waktu kurang dari 48 jam maka kualitas sperma akan berkurang karena sperma belum matang.

Onani atau masturbasi yang sampai menimbulkan ejakulasi lebih dari satu kali dalam waktu 48 jam akan mengurangi kualitas sperma.kualitas sperma akan menurun sejalan dengan pertambahan usia, dari segi jumlah maupun pergerakannya yang melambat. Selain usia, kualitas sperma juga dipengaruhi oleh beberapa faktor pada pria seperti makanan dengan gizi kurang adekuat, stress, obesitas, obat-obat,merokok, pestisida yang terdapat dalam makanan.

Kualitas sperma dapat ditingkatkan dengan meningkatkan asupan makanan yang mengandung:

Vitamin C: Melindungi sperma dari kerusakan karena oksidasi serta mengurangi aglutinasi sperma (sperma saling menempel)

Vitamin B6: Penting dalam pembentukan hormon seks pria

Vitamin B12: Bersama dengan asam folat, B12 diperlukan untuk pembentukan materi genetik. Kadar yang kurang menyebabkan produksi sperma yang abnormal, penurunan jumlah sperma, dan kemampan gerak sperma.

Vitamin E: Juga merupakan antioksidan. Membantu sperma dalam penetrasi sel telur.

Zinc: Kekurangan zinc menurunkan kadar testosteron. Suplementasi mikronutrien ini dapat meninkatkan jumlah sperma dan memperbaiki kesuburan.

Arginin dan L-Carnintine: Asam-asam amino yang diperlukan dapal pemebentukan serta fungsi normal sperma.

Dehydroepiandrosterone, atau disingkat DHEA adalah hormon untuk membantu memproduksi hormon estrogen dan testosteron wanita dan juga pria. Banyak yang mengklaim bahwa DHEA meningkatkan fertilitas atau kesuburan. Meskipun begitu, ada pula yang berpendapat menggunakan DHEA dapat menurunkan dan bukan meningkatkan produksi sperma. Maka kami sarankan anda untuk tidak menggunakan suplemen ini tanpa persetujuan dari dokter anda.

Yang dapat anda lakukan untuk mengatasinya adalah berolah raga teratur, makan makanan yang banyak mengandung zink (sea food, terong), dan vitamin E (tauge) yang dapat membantu meningkatkan jumlah sperma. Hindari stres dan faktor risiko yang kami sebutkan di atas dapat membantu memperbaiki kualitas sperma. Di samping mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis andrologi agar dapat dikalukan pemeriksaan secara langsung.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar