Sukses

Tanda dan Gejala Anemia

25 Jul 2017, 17:55 WIB
Pria, 19 tahun.

Selamat siang Dok usia saya 19 tahun saya sering mersa kalau habis duduk itu suka pusing penglihatan jadi gelap, terus warna lidah saya juga agak putih gitu,telapak tangan saya juga enggak merah kaya kebanyakan orang apa itu bisa di bilang anemia. Terus juga saya mau nanya dok warna kulit saya agak kuning gitu tapi saya enggak memiliki gejala penyakit kuning seperti mata kuni8ng apa warna kulit kuning itu wajar Dok. Terimakasih Dokter

Terima kasih sudah bertanya menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.
Kami mohon maaf atas keterlambatan menjawab pertanyaan anda.

Gejala anemia biasanya tidak spesifik dan tergantung dari penyebab dan hal lain yang memungkinkan terjadinya anemia, namun beberapa gejala yang paling umum ditemukan adalah:

  • Mudah lelah dan letih
  • Perasaan berdebar-debar pada jantung
  • Sesak napas dan sakit kepala
  • Sulit untuk konsentrasi
  • Kulit yang pucat termasuk di wajah, bibir dan pada konjungtiva mata
  • Keram pada kaki atau tangan
  • Serta gejala lain seperti BAB berdarah, kulit kuning dan sulit tidur

Dokter akan melakukan pemeriksaan mulai dari gejala terjadinya anemia diikuti dengan melakukan pemeriksaan fisik. Pemeriksaan laboratorium juga rutin dilakukan untuk melihat apakah terdapat kelainan dalam jumlah produksi darah merah atau kelainan lainnya yang mendasari terjadinya anemia.

Tanda bahaya yang perlu diperhatikan dari anemia adalah apabila adanya penurunan kesadaran, gangguan tanda vital pada denyut jantung dan pernapasan disertai dengan perdarahan yang banyak serta aktif dimana hal tersebut dapat mengancam jiwa. Pemeriksaan berkala (Medical checkup) dapat dilakukan untuk proses screening gejala awal anemia sehingga dapat menemukan penyebabnya.

Berikut kami sertakan artikel yang dapat membantu anda:

Kenali gejala Bahaya Anemia

Waspadai Anemia

 

Penyakit kuning dapat terjadi karena penumpukan bilirubin (produk pemecahan sel darah yang berwarna kuning yang diproduksi oleh hati dan disimpan oleh kandung empedu) pada darah dan jaringan kulit. Maka, penyakit kuning dapat terjadi jika ada masalah pada organ hati, kandung atau saluran empedu dan darah. Jika terjadi peradangan di hati, sumbatan saluran empedu atau pemecahan sel darah merah berlebihan maka dapat menyebabkan kuning. Penyakit penyebabnya sangat banyak, sehingga memang perlu dilakukan wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik lengkap dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan.

Maka sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam agar dapat dilakukan evaluasi menyeluruh.

 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar