Sukses

Nyeri Perut Bawah Saat Hamil

24 Jul 2017, 22:54 WIB
Pria, 24 tahun.

ass. dok,,saya mau tanya kalo sakit di atas tundun tu knpa ya dok,,, rsa nya nyeri2 sakit dok,, pngaruh gak dok sama janin yg di kandung dok,, usia kehamilan saya skrng 2 bulan 1 minggu dok,, gmna y dok cara mnghilangkan nyeri nya & ap y dok penyebab nya dok,, mksih dok...???

Terima kasih sudah bertanya menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.
Kami mohon maaf atas keterlambatan menjawab pertanyaan anda.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Nyeri perut bawah atau kram perut bagian bawah dekat vagina pada trimester pertama kehamilan merupakan suatu kondisi yang perlu perhatian lebih. Sebagian besar kasus adalah normal, namun tak dipungkiri ada beberapa penyebab kram perut yang membahayakan. Penyebab kram dan nyeri perut saat hamil trimester 1 antara lain:

Kehamilan ektopik
Hal ini terjadi ketika kehamilan terjadi di luar rahim atau kandungan. Gejala yang dapat muncul adalah nyeri hebat pada salah satu sisi perut bagian bawah yang disertai dengan flek-flek. Kehamilan ektopik dapat membahayakan ibu dan janin sehingga kehamilan harus diakhiri dengan cara menggugurkannya.

Keguguran
Nyeri atau kram perut hebat jauh lebih nyeri dari nyeri saat haid yang disertai oleh flek-flek maupun perdarahan atau bahkan bergumpal-gumpal merupakan tanda keguguran.

Proses Implantasi
Saat janin menempelkan dirinya ke dalam rahim, Anda dapat merasa nyeri. biasanya nyeri dirasakan hingga usia 6 minggu.

Gangguan pencernaan
Meningkatnya kadar progesteron dan estrogen dalam darah menyebabkan pergerakan usus menjadi lambat sehingga perut dapat terasa penuh dan kembung.

Bila Anda merasa cemas dan merasakan gejala lain selain yang kami sebutkan, sebaiknya berkonsultasilah langsung dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara detail dan diketahui penyebab berikut solusinya.

Mengenai pendapat tentan produk susu, mohon maaf disini kami tidak dapat memberikan pendapat untuk menghindari bias promosi. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar