Sukses

Mengatasi Bisul di Daerah Anus

25 Jul 2017, 11:31 WIB
Wanita, 24 tahun.

Malam dokter,,, Saya mau tanya. ,, Suami saya punya luka di bawah lubang anus,,, luka nya goresan,,, n sedikit dalam,,, dan luka nya seperti menganga dan ada darah nya,,, Luka ini awalnya dr sejenis bisul. Yang pecah dan jd seperti itu. Apa yg harus saya n suami lakukan dok,,, Sy kasik betadin tapi ttp belum sembuh,,,

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Mengatasi Bisul di Daerah Anus melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Keluhan suami Anda adalah bisul di daerah anus. Bisul merupakan salah satu infeksi akibat bakteri (yang paling sering adalah jenis streptococcus dan staphylococcus).

Pada umumnya bisul atau dalam bahasa kedokteran disebut dengan furunkel dicetuskan oleh kondisi kulit yang kurang terjaga kebersihannya, lembab, atau terdapat gangguan kekebalan tubuh. Obat untuk mengobati bisul, sesuai dengan penyebabnya, adalah antibiotik, bisa berupa topikal (dioleskan) ataupun oral (tergantung jenis furunkel). Namun sesudah diberikan antibiotik, guna mencegah bisul tersebut kambuh kembali, disarankan untuk menjaga kebersihan daerah tersebut. Dalam kasus Anda, kelembaban daerah bokong akan mempermudah timbulnya bisul kembali.

Disarankan untuk menjaga kebersihan daerah sekitar bokong, mengeringkan ddaerah bokong dan sekitarnya setelah BAB dan BAK dengan handuk kecil atau tissue, tidak menggunakan celana dalam ataupun celana yang ketat, disarankan memakai pakaian dalam dari bahan kaos atau katun, dan rajin berganti pakaian dalam. Apabila keluhan ini sangat menganggu, kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Mengatasi Bisul di Daerah Anus. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar