Sukses

Benjolan Payudara Pasca Herpes

24 Jul 2017, 22:46 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok, saya ingin menanyakan luka di payudara ibu saya. Ibu saya berusia 50 tahun berat 60 kg, awalnya ibu saya mengalami herpes di sekitar payudara , terasa panas lalu meninggalkan bekas luka herpes itu namun anehnya bekas luka itu menyerupai benjolan yang selama kurang lebih 2 bulan tak kunjung hilang. Ibu saya bilang tidak terasa apa-apa, namun suatu waktu beliau kadang merasa gatal pada benjolan itu. Saya khawatir ini penyakit berbahaya bukan hanya bekas herpes, tolong di beri penjelasan ya dok...terima kasih

Terimakasih telah bertanya seputar benjolan payudara melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Pada kasus ibu Anda, di mana letak persisnya benjolan payudara yang terjadi? Herpes jarang menimbulkan benjolan payudara, bila pun ada, yang terjadi adalah benjolan pada kelenjar getah bening, yang biasanya terasa di area ketiak.

Benjolan pada payudara pada umumnya disebabkan oleh berbagai penyebab, dimulai dari infeksi kulit seperti bisul, atau mengarah ke perkembangan jaringan payudara berupa tumor yang jinak maupun yang ganas. Untuk membedakannya perlu diketahui karakteristik tumor tersebut, seperti:

  • Ukurannya, apakah semakin bertambah besar
  • Permukaannya: licin atau berbenjol
  • Dapat digerakkan atau tidak (menempel pada kulit)
  • Bagaimana keadaan kulit di atasnya
  • Apakah ada nyeri
  • Apakah ada pembesaran kelenjar getah bening di sekitarnya (termasuk ketiak)

Oleh karena keterbatasan kami tidak dapat memeriksa langsung kondisi ibu Anda, sebaiknya beliau Anda bawa ke dokter kulit dan kelamin atau ke dokter penyakit dalam untuk dievaluasi penyebabnya. Apakah ini masih terkait dengan herpesnya atau tidak.

Kami sertakan pula beberapa artikel untuk menambah informasi ibu Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar benjolan payudara. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar