Sukses

Terlambat Pubertas Pada Laki-Laki

25 Jul 2017, 02:07 WIB
Pria, 19 tahun.

Dok, saya umur 19 tahun.. Tpi kenapa belum ada tanda " pubertas.. Sekunder baik primer pun tidak ada.. Suara saya belum pecah, penis blm berkembang, bahkan bulu halus pun blm ada... Apa yg harus saya lakukan? Apa cukup dengan terapi hormon?

Terima Kasih sudah bertanya seputar terlambat pubertas melalui Fitur Tanya Dokter di Klikdokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Berdasarkan informasi yang Anda berikan, kemungkinan Anda mengalami terlambat pubertas. Pubertas adalah fase yang dialami tiap anak menuju fase dewasa pada perempuan proses pubertas normal mulai terjadi sebelum usia 13 tahun dan pada laki laki pada usia 14 tahun.

Pubertas pada laki-laki tidak ditandai dengan mimpi basah melainkan diawali dengan perbesaran testis, selain itu juga mulai tumbu rambut rambut halus pada organ genitalia, selanjutnya akan terjadi pertumbuhan tinggi badan dengan cepat sesuai dengan potensi genetik.

Apabila salah satu tanda sudah ada maka pubertas sudah dimulai walaupun belum mengalami mimpi basah Anda sudah memasuki pubertas.

Keterlambatan pubertas dapat disebabkan beberapa hal diantaranya :

1. Malnutrisi

2. Gangguan pusat hormon atau sindrom turner

3. Kallman syndrome yang ditandai dengan kehilangan kemampuan membaui

Apabila mengalami kondisi keterlambatan pubertas sangat baik untuk Anda mengonsultasikan pada dokter spesialis penyakit dalam atau spesialis anak terutama bagian endokrin.

Demikian kami sampaikan informasi seputar terlambat pubertas. Semoga informasi ini bermanfaat.


Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar