Sukses

Hirsutis Corona Glandis atau Pearly Penile Papules

24 Jul 2017, 13:47 WIB
Pria, 25 tahun.

Dok pada sekitaran kepala penis saya ad bintik2 kcil klo dlm kategori yg saya baca kemungkinandi sebabkan oleh Hirsutis Corona Glandis (Pearly Penile Papules), trus bagaimana penanganannya dan cara pengobatanya

Terima kasih telah bertanya seputar pearly penile papules melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Pertama-tama kami ingin bertanya beberapa hal: bagaimana awal mula penyakit Anda ini? Apakah ada cairan atau nanah yang keluar dari lesi kulit tersebut? Apakah Anda sudah berkonsultasi lebih dulu dengan dokter spesialis kulit dan kelamin dan telah didiagnosis sebagai pearly penile papules? Karena perlu dibedakan juga dengan penyakit kulit lain yang mungkin saja terlihat serupa seperti condyloma acuminatum atau molluscum contagiosum.

Pearly penile papules sendiri memiliki lesi kulit berupa papul-papul berbentuk seperti kubah dan sewarna dengan kulit dan biasanya berlokasi di mahkota penis. Umumnya, pearly penile papules tersusun sejajar dan mengelilingi penis. Penyakit ini seringkali disalahartikan sebagai penyakit menular seksual.

Pearly penile papules merupakan suatu varian normal dan tidak berpotensi menjadi sesuatu yang ganas. Biasanya pearly penile papules lebih sering ditemukan pada pria yang belum disunat dan tidak menular melalui aktivitas seksual.

Walaupun tidak menular, hal ini seringkali mengganggu pasien dalam hal estetika. Walaupun sebetulnya tidak dibutuhkan pengobatan khusus untuk menangani pearly penile papules.

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, meskipun terapi tidak diperlukan, namun, terdapat beberapa pilihan yang dapat diambil berupa: krioterapi, kuretase dengan elektrodesikasi, operasi eksisional, ablasi dengan laser CO2. Berbagai operasi ini dapat didiskusikan dengan dokter spesialis kulit dan kelamin jika memang keluhan Anda termasuk mengganggu rasa percaya diri Anda dan Anda memilih untuk menghilangkannya. Meskipun sebenarnya, tindakan medis untuk menghilangkan tersebut juga dapat memberikan efek samping seperti terjadinya jaringan parut.

Untuk itu, kami menyarankan agar Anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kulit dan kelamin untuk penanganan lebih lanjut misalnya dalam bentuk pemberian obat-obatan topikal maupun tindakan bedah.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai pearly penile papules. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar