Sukses

Melepaskan Anak dari ASI

24 Jul 2017, 23:52 WIB
Pria, 2 tahun.

Assalamualaikum dok, Selamat pagi!! saya mau konsultasi mengenai keponakan saya yang tidak mau menelan makanan dengan cara apapun dan makanan apapun. Dia hanya mau minum asi setiap harinya. Saya khawatir karena berat badan nya dibawah rata2 anak seusianya. Apa yang harus saya lakukan sebagai orangtua? Makanan sudah saya variasikan dengan berbagai rasa dan bentuk tapi tidak ada ketertarikan terhadap makanan.. Mengingat perkembangannya normal seperti anak seusianya dia aktif, bisa berjalan, berbicara dll. Tapi yang menjadi permasalahan adalah semua jenis makanan(makan padat, makanan cair kecuali asi) tidak ada yang menarik dan dalam kesehariannya keponakan saya hanya mendapat asupan gizi dari asi. Terima kasih dok mohon bantuannya

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar melepaskan anak dari asi melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Selain ASI , apakah anda sudah mengenalkan makanan padat kepada anak anda? ASI memang merupakan salah satu makanan yang masih perlu diberikan hingga berusia 24 bulan. Namun, tingkat kebutuhannya akan ASI sudah mulai menurun, tidak seperti saat dia berusia dibawah 6 bulan. Hal ini dikarenakan untuk anak usia 2 tahun diharapkan sumber zat gizi yang dibutuhkan oleh anak berasal dari makanan-makanan lain diluar ASI. Anda dapat mencoba untuk mengurangi frekuensi menyusui anak anda sehingga anak anda lama-lama akan terbiasa sehingga akhirnya berhenti menyusui.

Untuk mencapai hal ini diperlukan kerjasama antara ibu dan anak, ibu harus dapat pintar-pintar menyiasati agar anak dapat mulai meninggalkan kebiasaannya minum ASI. Namun pada dasarnya belum ada ketentuan khusus terkait kapan harus menghentikan ASI.

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar melepaskan anak dari asi , Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar