Sukses

Darah Haid Coklat Pekat

24 Jul 2017, 22:54 WIB
Wanita, 20 tahun.

Halo dok , saya ayu 20 tahun sudah menikah belum mempunyai anak. mau tanya tentang siklus haid saya yang belakangan ini tidak teratur. Tanggal 23 juli saya haid selesai bersih tanggal 26 juli. Lalu saya kecoklatan di tanggal 4 dan lanjut dengan haid darah sampai tanggal 11 Juli. Setelah itu bersih. Saya periksa USG tanggal 6 ke dr.kandungan (hasilnya kista,miom tidak ada.. darah saya juga bagus menurut dokter tsb) Tapi dok, di tanggal 16 juli saya kembali kecoklatan sampai hari ini tanggal 18 juli coklat pekat sekali tidak merah seperti biasa dan banyak keluar nya. Kira-kira itu normal atau tidak ya dok ? Jawaban dokter sangat membantu sekali untuk saya. Terimakasih

Terima kasih sudah bertanya menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.
Kami mohon maaf atas keterlambatan menjawab pertanyaan anda.

Sebelumnya kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai darah haid. Darah haid terdiri dari 3 komponen yaitu cairan darah, lendir, dan jaringan dinding rahim (endometrium). Warna darah haid tidak selalu merah segar, tetapi bisa berwarna agak kecoklatan atau kehitaman. Hal ini dipengaruhi oleh keadaan asam/basa dan cairan vagina. Warna darah menstruasi memang berkisar dari merah, coklat, hingga kehitaman. Darah haid yang berwarna kecoklatan dan kehitaman (merah pekat dan ada dumpalan darah) merupakan darah haid yang mengandung sel darah yang lebih lama (bukan sel darah merah segar) karena tertahan di dalam rahim dan tidak segera dikeluarkan.

Darah haid akan berwarna merah segar jika komposisi darah lebih banyak, warna kecoklatan jika lendir lebih banyak, dan warna kehitaman jika jaringan yang lebih banyak. Jumlah darah haid dan komponennya pun bisa berubah, tergantung kondisi perempuan saat mengalami haid. Wanita dengan anemia atau kadar hemoglobin rendah biasanya warna darah haid lebih gelap sampai kehitaman.

Yang terpenting untuk diperhatikan bukanlah warna darah, tapi siklus menstruasi, durasi, dan volume perdarahan. Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, selama 2-8 hari, dan volume darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari (1-6 pembalut per hari). Bagaimana dengan volume darah yang keluar?

Selain berasal dari darah menstruasi, bercak tersebut juga dapat merupakan gangguan siklus haid akibat gangguan keseimbangan hormon, atau dapat juga berasal dari perdarahan akibat infeksi di saluran reproduksi. Flek darah yang terjadi akibat gangguan hormon biasanya disertai pula oleh perubahan dalam pola mesntruasi. Gangguan keseimbangan hormon dapat terjadi pada :

  • Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama
  • Pada pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
  • Pada penderita obesitas
  • Orang dengan stres psikologis
  • Orang dengan aktivitas berlebih seperti atlit
  • Gangguan indung telur
  • Kekurangan vitamin K
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Kelainan pembekuan darah
  • Gangguan hormon tiroid
  • dan lainnya

Apakah Anda memiliki faktor di atas? Jika siklus haid anda tidak terganggu, bisa jadi flek-flek darah tersebut terjadi akibat adanya infeksi di saluran reproduksi anda. Disamping menyebabkan flek-flek darah, infeksi pada saluran reproduksi biasanya ditandai dengan adanya keputihan yang abnormal, yaitu keputihan yang berubah warna dari warna bening menjadi warna putih susu, keabuan, hingga kehijauan, dapat disertai bercak-bercak darah, berbau, banyak dan disertai oleh rasa gatal atau terbakar di daerah kemaluan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar