Sukses

Biang keringat

24 Jul 2017, 22:04 WIB
Wanita, 16 tahun.

Dok saya mau tanya koo dikening saya kaya ada biang keringat yaa tapi warna putih terus ga sakit sama ga gatel tapi kalo dipencet ko jadi pusing yaa

Terima kasih sudah bertanya menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.
Kami mohon maaf atas keterlambatan menjawab pertanyaan anda.

Aktivitas yang berlebihan atau apabila cuaca panas akan mudah menimbulkan keringat yang mengakibatkan beberapa bagian tubuh menjadi gatal dan terjadi sumbatan kelenjar keringat.

Biang keringat atau sering disebut miliaria adalah kelainan kulit akibat retensi keringat, yang ditandai dengan adanya bintik-bintik kecil. Untuk memastikan benar tidaknya adanya biang keringat, memang memerlukan pemeriksaan langsung. Namun, berikut beberapa informasi mengenai miliaria yang dapat Anda ketahui.

Miliaria/biang keringat atau keringat buntet memiliki bermacam bentuk, seperti:

Miliaria Kristalina
Miliaria Rubra
Miliaria Profunda
Pada ketiga jenis miliaria tersebut tidak diperlukan pengobatan khusus. Tindakan yang dapat dilakukan adalah cukup dengan menghindari panas yang berlebihan, mengusahakan ventilasi yang baik, pakaian tipis dan menyerap keringat. Anda juga dapat memberikan lotion yang mengandung calamin atau mentol. Sedangkan jika mengalami peradangan (ditandai dengan kemerahan yang sangat banyak dan menyeluruh) dapat diberikan salep antibiotik.

Namun perlu diketahui bahwa untuk mendiagnosa kelainan kulit, perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung karena kelainan kulit kerap kali muncul dengan gejala klinis yang hampir sama. Untuk itu kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin guna dilangsungkan pemeriksaan fisik dan penunjang yang berkaitan sehingga diagnosa serta tata laksana yang sesuai dengan kondisi dapat diberikan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar