Sukses

Nyeri Perut Hingga Punggung Belakang

24 Jul 2017, 22:04 WIB
Wanita, 22 tahun.

Pagi dok ?? Maaf saya mau tanya,sudah 44 hari ini saya mengalami sakit perut bawah smpai ke pinggang blakang mlah skarana menjalar sampai pangkal paha..sebelum mengalami sakit itu saya habis beres haid dan tiba" mengalami sakit tersebut.tapi setelah saya periksa dokter nya tdak bilang ada penyakit yg serius.harus bagaimanakah saya,karena smpai sekarang saya masih mengalami sakit trsebut

Terima kasih sudah bertanya menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.
Kami mohon maaf atas keterlambatan menjawab pertanyaan anda.

Sudah berapa lamakah Anda mengalami keluhan seperti ini? Dimanakah tepatnya area perut yang memiliki kelainan? Bagaimana dengan buang air kecil Anda, misalnya buang air kecil berdarah, berpasir, dll? Apakah terdapat keluhan seperti diare, buang air besar keras, dll?

Untuk menentukan dengan benar penyakit apa yang sedang Anda alami, harus melalui wawancara yang lebih mendalam disertai pemeriksaan fisik. Data yang Anda sebutkan terlalu singkat dan tidak cukup untuk dapat mengetahui jenis penyakit yang sedang dialami. Salah satu jenis penyakit yang memberikan nyeri pada area perut dan menjalar ke pinggang misalnya pada batu ginjal. Pada nyeri kolik karena batu ginjal, keluhan berupa nyeri tajam, seperti diremas, tiba-tiba, yang terjadi pada bagian pinggang belakang atau pada perut bagian bawah. Nyeri ini dapat menjalar ke daerah selangkangan dan nyeri terjadi terus menerus. Biasanya ada keluhan penyerta seperti kencing berdarah, riwayat kencing berpasir, kadar asam urat tinggi, dsb.

Dimanakah nyeri lebih dominan, pinggang atau perut? Nyeri punggung atau Low back pain (LBP ) juga bisa menjadi kemungkinan diagnosis. LBP dipengaruhi oleh faktor usia, jenis kelamin, faktor kegemukan, pekerjaan, dan aktivitas/olahraga. Di antara penyebab LBP yang lain adalah proses degeneratif (spondilosis, HNP, osteoartritis), penyakit peradangan, osteoporotik, kelainan bentuk tulang belakang (skoliosis), gangguan sirkulasi, tumor, infeksi, masalah psikoneurotik, dsb. Nyeri pada LBP biasanya berupa nyeri pinggang belakang.

Keluhan pada perut atas bagian kanan dapat disebabkan karena berbagai macam hal. Yang perlu diketahui adalah organ di daerah tersebut, yaitu kulit, otot, hat/liveri, empedu, tulang (apabila nyeri berdekatan dengan daerah tulang iga). Masing-masing organ tersebut dapat menyebabkan keluhan nyeri.

Perlu dicari lebih dalam lagi adakah riwayat gastritis (maag), hubungan antara keluhan nyeri dan makanan, kapan saja terjadinya nyeri, sejak kapan, dan masih banyak hal yang perlu diketahui sebelum dapat ditentukan dengan pasti penyebabnya.

Bila keluhan terus menerus berlangsung, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam untuk dilakukan pemeriksaan dan terapi lebih lanjut. Pemeriksaan diperlukan untuk memastikan bahwa keluhan Anda disebabkan karena masalah otot, tulang, ginjal, saluran pencernaan atau syaraf.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar