Sukses

Gigi Tonggos Dipendekkan Supaya Terlihat Tidak Tonggos

24 Jul 2017, 15:31 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok maaf saya mengganggu. Saya mau bertanya gigi depan atas saya tonggos .baru, satu gigi saya yang tonggos itu Satu patah waktu kecelakaan kemarin waktu masih sekolah. Maksud aku dok bisa ngak gigi atas ku ini kita potong biar sama dengan gigi yang patah itu. Klau ngak bisa dipotong ,bisa ngak dok Kita operasi kita ganti dengan gigi yang palsu yang agak pendek biar ngak kelihatan tonggos lagi. Terimakasih dok

Terimakasih telah bertanya seputar gigi tonggos dipendekkan supaya terlihat tidak tonggos melalui fitur Tanya Dokter.

Keadaan gigi yang maju sehingga membuat profil wajah terlihat tonggos karena factor genetic masih dapat diperbaiki dengan memasang kawat gigi. Namun sebelum memulai perawatan kawat gigi, terlebih dahulu dilakukan perawatan untuk koreksi rahang. Koreksi rahang atau memperbaiki posisi rahang bisa dilakukan dengan penggunaan alat khusus untuk mengatur pertumbuhan dan perkembangan rahang. Paling baik dilakukan pada saat perkembangan dan pertumbuhan rahang yaitu usia 13-15 tahun.

Namun pada kasus yang ekstrem dan sudah terlambat ditangani, memerlukan tindakan bedah korektif. Dokter bedah gigi dan mulut akan membuang sebagian tulang kemudian rahang ditempatkan pada posisi yang benar. Sebaliknya, rahang pendek dapat diperpanjang atau dipendekkan untuk mendapatkan estetika dan fungsi wajah yang lebih baik.

Selain operasi, kelainan rahang juga dapat dikoreksi dengan tindakan kamuflase. Dalam perawatan ini, gigi dirapihkan sedemikian rupa sehingga hubungan gigi atas dan bawah terlihat seperti normal.

Pada kondisi kelainan berupa posisi gigi yang tidak rapi/tonggos, baik yang disebabkan oleh karena posisi rahang yang tidak normal atau bukan maka dapat dilakukan terapi perawatan dengan menggunakan alat ortodonti. Perawatan orthodontik (pemasangan kawat bracket) tidak semata-mata untuk memperbaiki estetika pasien. Gigi yang posisinya tidak normal/berjejal/gigitan rahang atas dan bawah yang tidak normal dapat berpotensi untuk menimbulkan masalah lain yang lebih berat, oleh karena itu perawatan tersebut bertujuan untuk memperbaiki oklusi gigi/gigitan gigi atas dan bawah, memperbaiki posisi gigi yang tidak normal hingga didapat hubungan gigi geligi yang harmonis di dalam lengkung rahang yang normal, dengan demikian dengan sendirinya estetika wajah pasien akan lebih baik daripada sebelum perawatan.

Jadi perawatan gigi tonggos bukan dengan memendekkan gigi, karena jika giginya pendek maka akan tercipta gigitan yang terbuka menjadi yang dinamakan open bite. Dengan keadaan open bite maka permukaan gigi atas dan bawah tidak menyatu. 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai gigi tonggos dipendekkan supaya terlihat tidak tonggos, semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar