Sukses

Retinoid Acid

24 Jul 2017, 15:23 WIB
Pria, 20 tahun.

Apakah obat ini "retinoic acid" bisa di beli di apotik

Terima kasih telah bertanya tentang Retinoid Acid melalui fitur Tanya Dokter

Mohon maaf atas keterlambatan kami menjawab konsultasi Anda. Asam retinoat merupakan salah satu jenis obat yang paling banyak digunakan untuk mengatasi masalah kulit berjerawat. Asam retinoat dapat menurunkan jumlah dan derajat keparahan jerawat. Obat ini bekerja dengan mempengaruhi pertumbuhan sel kulit.

Keluhan yang sering dikeluhkan oleh pengguna asam retinoat adalah sensasi rasa hangat dan menyengat di wajah setelah penggunaan asam retinoat topikal/oles. Keluhan lain yang dapat terjadi dalam 2-4 minggu awal penggunaan adalah rasa gatal, wajah menjadi lebih kering, rasa terbakar bahkan Anda dapat merasa jerawat bertambah banyak, namun gejala ini biasanya akan berangsur hilang setelah 4 minggu. Konsultasikan dengan dokter yang menangani Anda bila keluhan bertambah parah dan tidak berangsur pulih. Dokter dapat menurunkan dosis serta mengganti kekuatan asam retinoat yang digunakan.

Obat tersebut tersedia dalam bentuk oral maupun topikal/salep. Penggunaan asam retinoat harus lah berada di bawah pengawasan dokter, karena penggunaan asam retinoat dapat menyebabkan kecacatan janin. Sehingga asam retinoat tidak dianjurkan untuk digunakan pada ibu hamil maupun perempuan yang sedang merencanakan kehamilan. Perempuan yang merencanakan kehamilan dan sedang menggunakan asam retinoat disarankan untuk menunda kehamilan setidaknya 3 bulan setelah lepas dari obat tersebut. Selama Anda sedang tidak hamil atau alergi terhadap bahan dasar obat tersebut maka pengobatan ini cukup aman.

Untuk pengobatan topikal, dapat menggunakan asam retinoat dioleskan pada malam hari setiap hari. Selain untuk mengobati jerawat, obat ini dapat pula mengecilkan pori-pori dan mencerahkan kulit. Awal penggunaan jerawat dapat muncul semakin banyak, kulit menjadi merah serta mengelupas, namun penggunaan obat harus tetap dilanjutkan sampai minimal 3 bulan, jika perlu seterusnya. Hindari paparan sinar matahari jika menggunakan obat tersebut atau gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30. Namun memilih tabir surya juga harus berhati-hati karena sebagian besar dapat memicu munculnya komedo lebih banyak, pilihlah tabir surya dan semua produk perawatan kulit yang berlabel non-comedogenic. Jika kulit dirasa terlalu kering dapat menggunakan pelembab wajah. Obat ini dapat Anda beli di apotek namun konsentrasi yang ada berbeda- beda, bergantung pada kebutuhan Anda yang telah dianjurkan oleh dokter.

Kami sarankan Anda untuk selalu berkonsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin sebelum memutuskan menggunakan terapi untuk masalah jerawat di wajah Anda.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikna terkait Retinoid Acid. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar