Sukses

Hubungan Ketombe dan Kehamilan

24 Jul 2017, 14:08 WIB
Wanita, 21 tahun.

Selamat siang dok.. Saya mau nanya kalo kulit kepala berketombe smpe ngelupas sndiri di saat hamil kira2 ada dampaknya gk dok buat s bayi usia kehamilan saya sekarang udah 25 minggu biasa nya gk smpe kaya gtu, trus kaki tuh trkena kutu air itu mh udah dri awal kehamilan biasanya wktu gk hamil saya blm prnah trkena kutu air,. Nah, saya suka takut ada dampak ke s bayi nya nanti,,

Terima kasih telah bertanya tentang ketombe selama kehamilan menggunakan fitur tanya dokter dari Klikdokter.

Ketombe dan jerawat dapat terjadi karena pada saat hamil memang terjadi perubahan hormon yang menyebabkan produksi minyak memang menjadi lebih banyak ketimbang dengan keadaan sebelum hamil. Hal ini menyebabkan keadaan kulit kepala dan kulit wajah serta daerah-daerah yang banyak mengandung kelenjar minyak menjadi lebih berminyak dan memicu timbulnya ketombe dan jerawat.

Hal ini termasuk perubahan yang fisiologis, dan akan kembali lagi seperti keadaan sebelum hamil setelah masa kehamilan dan menyusui berakhir. Tidak perlu khawatir, kondisi ini umumnya tidak berpengaruh negatif pada janin yang dikandung. Untuk itu Ibu perlu memperhatikan kebersihan kulit kepalad dan wajah. Mencuci rambut dapat dilakukan dengan lebih sering, lebih teliti dan bersih agar kotoran dan minyak pada kulit kepala dapat dibersihkan. Sebaiknya wajah dibasuh dan dibersihkan dengan air namun tidak dengan menggunakan pembersih wajah yang mengandung astringent. Untuk perawatan kulit dan kecantikan (seperti vitamin C, kolagen) sebaiknya ditangguhkan selama masa kehamilan dan menyusui. Untuk perawatan jerawat Ibu, sebaiknya Ibu mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendapatkan penanganan yang tepat di masa kehamilan dan menyusui. Tidak semua perawatan kulit dan kecantikan dapat digunakan pada masa kehamilan dan menyusui.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang ketombe selama kehamilan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar