Sukses

Buta Warna Parsial

24 Jul 2017, 13:43 WIB
Pria, 23 tahun.

Selamat Malam Dok, Saya ingin bertanya perihal Buta Warna Partial, bagaimana penjelasan nya dok dan apakah itu dapat disembuhkan atau diperbaiki? Karena jujur, ini menjadi penghambat saya dalam melamar kerja. Hampir semua perusahaan ataupun BUMN tidak menerima kekurangan ini. Diskriminatif terhadap penderita Buta Warna. Terimakasih dan mohon jawabannya..

Terima kasih telah bertanya seputar buta warna parsial melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Buta warna dapat bersifat total atau parsial. Buta warna total berarti seseorang hanya dapat melihat hitam-putih (gradasi warna abu-abu) dan sangat jarang ditemukan. Pada orang dengan buta warna parsial, terdapat beberapa warna yang tidak dapat dibedakan.

Sel-sel yang fotosensitif pada mata disebut dengan konus. Keberadaannya membuat kita dapat melihat warna. Konus terletak pada bagian tengah/pusat retina dan mengandung pigmen fotosensitif yang dapat mendeteksi warna merah, hijau, dan biru. Penderita buta warna mengalami kekurangan atau tidak adanya pigmen-pigmen tersebut.

Umumnya, gangguan penglihatan warna merupakan kelainan bawaan (genetik). Dalam beberapa kasus, keadaan ini dapat "didapat" seperti pada proses penuaan, gangguan mata tertentu (glaukoma, degerasi makular, katarak, atau retinopati diabetes), cidera pada mata, dan efek samping beberapa obat.

Buta warna yang diturunkan (genetik) tidak dapat disembuhkan atau dikoreksi. Beberapa gangguan penglihatan warna yang didapat (acquired) dapat ditangani, tergantung penyebabnya. Jika penyebabnya sudah diatasi maka mata dapat kembali normal.

Gangguan penglihatan yang didapat dapat disebabkan oleh beberapa penyakit, usia, terpapar bahan kimia, atau pun efek samping pengobatan tertentu.

Kami sarankan Anda berkonsultasi kepada dokter spesialis mata agar dapat diketahui penyebab buta warna yang Anda alami dan mendapatkan penanganan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai buta warna parsial. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar