Sukses

Kontrasepsi Setelah Haid

24 Jul 2017, 13:02 WIB
Wanita, 35 tahun.

Maaf dok , saya mau tanya bisakah kita kb setelah selesai masa haid? Atau kah harus kb pas masa haid saja? Dan adakah kemungkinan orang hamil walaupun sudah melakukan kb? Trimakasih

Terima kasih telah bertanya seputar menggunakan KB setelah haid melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah alat KB yang Anda maksud disini adalah pil KB? Pil KB mengandung hormon yang berfungsi untuk mencegah proses dari ovulasi, dimana bila terjadi ovulasi maka bila melakukan hubungan maka dapat terjadi kehamilan. Terdapat pil KB yang berisi 21 dan 28 pil KB. Perbedaanya adalah pil KB yang berisi 28 buah, memiliki 21 buah pil hormonal dan 7 buah pil plasebo agar diberikan jeda waktu terjadinya haid. Tujuannya supaya tidak repot menghitung atau menyambung dengan pil berikutnya. Pil KB yang berisi 28 buah ini harus diminum setiap hari di waktu yang sama untuk meningkatkan efektifitas. Tidak harus jam yang sama selama tidak lebih dari 12 jam.

Sedangkan pil KB yang berisi 21 pil, hanya berisikan hormonal saja tanpa plasebo, sehingga setelah konsumsi 21 pil tersebut harus diberikan jeda sendiri oleh pemakai pil KB selama 7 hari untuk terjadinya haid, lalu dilanjutkan lagi dengan konsumsi 21 pil berikutnya.

Sebaiknya pil KB tersebut diminum di hari pertama haid atau di hari ke-5 haid. Bila konsumsi pil KB lebih dari hari tersebut, maka sebaiknya menggunakan kontrasepsi tambahan seperti kondom agar efektifitas tidak menurun.

Tentunya masih ada kemungkinan ibu tetap hamil walaupun sudah menggunakan KB, tetapi persentase nya sangat kecil. Sebagai gambaran, kemungkinan hamil pengguna pil KB adalah sangat kecil bila dibandingkan dengan pengguna kontrasepsi kondom.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai menggunakan KB setelah haid. Semoga bermanfaat.

 

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar