Sukses

Pertanyaan Seputar Berat Badan Ideal

24 Jul 2017, 12:48 WIB
Wanita, 21 tahun.

Hallo dok , saya ingin bertanya. Saya ini sebenarnya termasuk kurus yaa. Tpi saya sering merasa gemuk dikarenakan bagian tubuh bawah saya termasuk besar (betis/paha) sedangkan bagian atas kecil. Bagaimana ya dok agar tubuh jdi ideal ?? Saya pengen tangan saya ini lebih berisi juga

Terima kasih telah bertanya mengenai berat badan ideal menggunakan fitur Tanya Dokter.

Berapakah berat badan dan tinggi badan Anda sekarang? Dari data tersebut, Anda dapat mengkalkulasikan Indeks Massa Tubuh (IMT) atau Body Mass Index (BMI) Anda. 

Body Mass Index (BMI) atau Indeks Massa Tubuh (IMT) digunakan untuk mengestimasikan apakah seseorang memiliki berat badan yang normal, lebih, atau kurang, bergantung dari tinggi badan orang tersebut. Rumus yang umum digunakan untuk mengukur BMI adalah:

BMI = (BB) / [(TB) * (TB)]

Sebuah contoh untuk penghitungannya adalah:

Misalnya: BB = 45 kg dan TB = 165 cm, maka

BMI = (45) / [(1.65) * (1.65)] = 16.5

Apakah Anda termasuk kurus, normal, atau overwight? Lihat patokan di bawah ini (untuk ras Asia-Pasifik):

BMI < 18.5 = berat badan kurang (underweight)
BMI 18.5 - 22.9 = normal
BMI 23.0 - 24.9 = kelebihan berat badan (overweight)
BMI > 25.0 = obesitas grade I
BMI > 30.0 = obesitas grade II

Namun, selain BMI, ada juga perhitungan kandungan lemak dalam tubuh (body fat percentage) yang dinilai lebih akurat dalam mengukur risiko seseorang untuk mengalami berbagai penyakit, termasuk diabetes, penyakit jantung, dan sebagainya. Hal ini dikarenakan BMI tidak membedakan proporsi lemak dan otot pada tubuh dalam perhitungannya.

Bila BMI atau body fat percentage Anda tidak dalam batas yang dianjurkan, Anda juga dapat mendiskusikan cara untuk mencapainya dengan dokter spesialis gizi klinik dan dokter spesialis kedokteran olahraga guna menentukan penanganan yang paling tepat bagi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai berat badan ideal, semoga bermanfaat. Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar