Sukses

Keluar Lendir Darah Dan Kram Perut Setelah Berhubungan Intim

24 Jul 2017, 10:32 WIB
Pria, 37 tahun.

malam dok, saya ingin menanyakan kenapa saya keluar lendir darah setelah berhubungan badan dengan suami saya, dan perut bawah kram terus, lendir darah keluar tidak banyak. tapi perut sakit terus. sebelumnya saya ada radang di mulut rahim tapi sudah sembuh, sekarang ada pembengkakan di rahim saya dan saran dari dokter saya di suruh minum pil kb yasmin selama 3 bulan, apa yang yang sebenernya terjadi dok? saya uda minum pil kb ini uda 1 bln lebih. mohon jawabannya dok..makasih sebelum dan sesudahnya...

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter Klikdokter

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Penyebab keluarnya darah dan lendir dapat berbagai macam, mulai dari luka hingga infeksi. Bila Anda masih belum penuh terangsang saat berhubungan seksual, hal ini dapat menyebabkan gesekan yang mengakibatkan luka atau lecet pada vagina sehingga dapat menyebabkan darah keluar dari vagina. Apabila perdarahan yang timbul hanya sedikit dan tidak berlanjut, Anda tidak perlu merasa khawatir karena hal-hal yang sudah disebutkan di atas tidak berbahaya. Apabila ada luka pada vagina, sebaiknya sementara ini Anda tidak melakukan hubungan seksual, mengingat bakteri vagina dapat menginfeksi luka tersebut.

Namun terdapat beberapa kemungkinan lain dari perdarahan yang Anda alami yang merupakan perdarahan yang terjadi akibat senggama atau disebut post coital bleeding. Apabila perdarahan tersebut berkelanjutan atau disertai gejala lain seperti nyeri, sebaiknya Anda mempertimbangkan kondisi-kondisi ini.

Kondisi di bawah ini sebaiknya ditanggapi dengan serius, di antaranya adalah :

Peradangan pada serviks (leher rahim) dimana hubungan seksual dapat menyebabkan perdarahan. Kondisi ini disebut dengan erosi serviks, umum terjadi pada wanita muda, wanita hamil, dan mereka yang memakai kontrasepsi pil.
Polip serviks atau polip rahim. Umumnya polip ini jinak.
Infeksi oleh klamidia, gonorea, trikomonas, dan jamur (Infeksi Menular Seksual).
Vaginitis atropi yang umum terjadi karena kekurangan hormon estrogen, terutama pada wanita post menopause. Kurangnya lendir pada vagina menyebabkan hubungan seksual menjadi nyeri dan dapat terjadi perdarahan.
Kanker leher rahim. Perubahan pre-kanker pada kanker leher rahim. Risiko meningkat dengan riwayat infeksi seksual sebelumnya, berhubungan seksual sebelum usia 18 tahun, melahirkan anak sebelum usia 16 tahun.
Mioma rahim yaitu tumor jinak yang berasal dari dinding otot rahim

Melihat adanya riwayat radang leher rahim pada Anda kemungkinan hal ini yang menyebabkan keluhan pada Anda.

Jika yang dimaksud radang pada rahim Anda mengarah pada Endometritis,

Endometritis adalah infeksi atau radang pada endometrium (rahim), miometrium (otot rahim) yang dapat menjalar ke jaringan parametrium. Umumnya penyebabnya akibat adanya infeksi pada saluran reproduksi bagian bawah.


Gejala klinis yang dapat ditemukan:

Demam
Nyeri pada perut bawah
Darah nifas yang bau pada ibu pasca melahirkan
Perdarahan vagina yang abnormal
Nyeri saat bersenggama
Nyeri saat buang air kecil
Badan lemah

Sedangkan dari pemeriksaan fisik dapat ditemukan:

Demam
Nyeri perut kanan bawah
Nyeri pada uterus
Nyeri pada jaringan adneksa
Darah nifas yang bau
Denyut jantung cepat

Karena endometritis merupakan suatu penyakit infeksi maka penanganannya adalah dengan memberikan antibiotik. Operasi bukan terapi yang menjadi pilihan dalam penanganan ini, pemberian antibiotik sesuai dosis dan aturan pemberian masih menjadi pilihan utama. Cara pemberian injeksi atau oral tergantung situasi dan tempat pengobatan yang Anda lakukan. Saran kami, sebaiknya tetaplah berobat dan konsultasikan dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda.

Namun untuk memastikan penyebab keluhan Anda, sebaiknya Anda memeriksakan kembali diri Anda ke dokter kebidanan dan kandungan untuk mendapatkan penanganan secepatnya sesuai keluhan Anda.

Demikian Informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat.

Salam,

2 Komentar

  • Wulan Dari

    Halo dok..mau tanya kenapa saya berhubungan sama suami ada bercak darah ny..dan perut pun terasa sakit sebelum ny.bukan di jadwal haid sya.sya haid bulan lalu tanggal 10 sekarang baru tanggal 27 apa penyebab ny ya dok..darah ny berwarna segar

  • Wulan Dari

    Halo dok..mau tanya kenapa saya berhubungan sama suami ada bercak darah ny..dan perut pun terasa sakit sebelum ny.bukan di jadwal haid sya.sya haid bulan lalu tanggal 10 sekarang baru tanggal 27 apa penyebab ny ya dok..darah ny berwarna segar