Sukses

Nyeri di Bokong Saat Haid

24 Jul 2017, 11:41 WIB
Wanita, 28 tahun.

Dok, siklus haid saya maju hingga 3-4 hari, setiap saya akan haid di bagian pantat saya selalu sakit saat buang air besar seperti ditusuk" rasanya, rasanya lbh sakit waktu mau menjelang datang haid, setelah haid tidak terlalu sakit, apa ini wajar dok? Tapi gejala yg lainnya seperti muntah atau pusing n sakit dibag pinggang saya td begitu mengalami, hanya lbh sering di bag susu dan bokong saja dok. Mohon penjelasannya dok, terima kasih

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri haid melalui fitur Tanya Dokter.

Nyeri haid merupakan hal yang rutin dialami oleh setiap wanita setiap bulannya. Nyeri haid normal dialami oleh sebagian besar wanita, terjadi karena tubuh melepaskan hormon prostaglandin.

Prostaglandin berfungsi untuk menstimulasi otot rahim tersebut untuk berkontraksi, menyebabkan suplai darah ke rahim berhenti untuk beberapa saat dan meningkatkan sensitivitas ujung-ujung saraf nyeri, sehingga menimbulkan rasa nyeri dan kram di perut. Kontraksi otot rahim tersebut juga terkadang dapat terasa menjalar hinga ke bagian anus atau bokong.

Pada beberapa wanita, ada yang mengalami nyeri haid yang dirasakan sangat parah. Nyeri haid ini dikategorikan sebagai nyeri haid tidak normal akibat gangguan di organ reproduksi. Untuk lebih memahami tentang nyeri haid, berikut adalah dua jenis nyeri haid:

Nyeri haid primer
Nyeri haid primer merupakan nyeri haid yang normal dan terjadi karena kontraksi otot rahim sebagai akibat dari hormon prostaglandin. Nyeri haid primer meningkat jumlahnya pada wanita yang belum menikah dibandingkan dengan wanita yang sudah menikah.

Ciri-ciri nyeri haid normal:

  • Nyeri yang dirasakan biasanya satu atau dua hari sebelum haid datang atau saat haid hari pertama.
  • Nyeri yang dirasakan berada di perut bagian bawah, pinggang atau di bagian paha.
  • Sifat nyeri mulai dari ringan sampai berat, yang bertahan selama 12 sampai 72 jam paling lama.
  • Gejala nyeri disertai keluhan mual, muntah, lemas, dan diare.

Nyeri haid sekunder
Nyeri haid sekunder biasanya baru timbul di kemudian hari setelah haid hari pertama. Nyeri haid ini dapat disebabkan oleh beberapa penyakit atau kelainan di organ reproduksi.

Ciri-ciri nyeri haid yang tidak normal:

  • Nyeri yang dirasakan lebih sakit dibandingkan nyeri kram perut biasa.
  • Nyeri terkadang tidak berkurang meskipun haid telah selesai.
  • Nyeri yang dirasakan disertai dengan gejala mual dan muntah.

Untuk mengatasiny, anda dapat mengonsumsi obat anti nyeri seperti parasetamol dan melakukan kompres hangat di perut anda. 


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar nyeri haid, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar