Sukses

Luka Seperti Sariawan Pada Alat Kelamin

24 Jul 2017, 10:32 WIB
Wanita, 28 tahun.

Malem dokter.. saya irt yg punya anak umur 4th dan telah menikah 5 thn. Kmrn saya haid dan stlh selesai haid 4 hari saya bru berhubungan intim dengan suami lg. Tp stlh berhubungan intim entah knp vagina saya perih dok. Setelah saya lihat trnyata ada luka yg mirip sariawan dan kalo saya pake celana dalam sering kluar cairan bening tp dengan bau yg tidak menyengat. Mohon penjelasannya ya dok. Krn saya jga tidak mau mengecewakan suami.

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.

Halo, kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan.

Sebelum kami menjawab pertanyaan Anda, ada beberapa hal yang perlu kami tanyakan.

Berapa banyak luka seperti sariawan yang Anda rasakan ? Apakah hanya satu saja/tunggal ? Atau Lebih dari 1/banyak ? Apakah terdapat lebtingan kecil banyak ? Bagaimana warna sekitar lukanya ?

Sangat sulit bagi kami dalam mendiagnosa kelainan kulit dan kelamin tanpa melakukan pemeriksaan langsung. Namun apabila Anda mendertita luka seperti sariawan di kelamin dan luka tidak tunggal, kemungkinan Anda menderita herpes genitalis.

Virus herpes memiliki masa inkubasi 3-5 hari, setelah itu pada daerah kemaluan akan timbul gerombolan vesikel/ lenting kecil, di atas kulit kemerahan dan dirasakan nyeri, bila pecah meninggalkan bekas. Sering disertai pembesaran kelenjar yang nyeri. Penyakit sembuh dalam 2-3 minggu. Penyakit ini tidak mengancam nyawa pada orang dewasa namun sering kumat, timbul pada tempat yang sama dan biasanya lebih ringan dari gejala infeksi pertama. Penularannya hampir selalu terjadi melalui hubungan seksual. Penyakit ini disebut dengan Herpes Simpleks.

Terapinya secara umum adalah menjaga kebersihan daerah kemaluan dan menghindari trauma atau faktor pencetus. Belum ada pengobatan yang memuaskan untuk penyakit ini. Obat anti virus biasanya efektif dalam mengurangi frekuensi dan durasi (lamanya) timbul gejala karena infeksi HSV-2.Dan apabila anda adalah orang yang secara sexual aktif atau pasangan suami istri maka bila melakukan pengobatan harus kepada pasangan juga,tidak bisa hanya kepada Anda atau suami Anda saja.Karena sebagaimana kita tahu bahwa virus herpes simplex ini bisa menular melalui hubungan sexual.

Untuk memastikan kelainan kulit dibutuhkan pemeriksaan langsung, oleh karena itu kami menyarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kulit agar dokter dapat melakukan wawancara medis mendetil dan pemeriksaan fisik langsung. Dengan demikian Anda mendapatkan penanganan medis yang tepat dengan segera. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar