Sukses

Anak Menolak Susu Formula

24 Jul 2017, 10:31 WIB
Wanita, 1 tahun.

Dok saya mau tanya anak saya dari dulu kan emg gapernah saya kasih susu formula sampe sekarang lalu saya coba berikan susu formula dengan botol dot seperti biasa, anak saya gamau sama sekali minum susu itu kenapa ya dok

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Berapa usia anak Anda ?

Perlu dieksplorasi lebih lanjut mengapa anak tiba-tiba tidak mau minum susu. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan adalah apakah terdapat alergi susu sapi atau gastrointestinal reflux disease (GERD). Karena itu kami menganjurkan agar Anda memeriksakan anak ke dokter spesialis anak segera.

Jika usia anak Anda <6 bulan sebaiknya hanya diberikan ASI saja (ASI eksklusif) karena ASI adalah makanan terbaik bagi bayi Anda. Jika usianya telah lebih dari 6 bulan maka membutuhkan makanan pendamping ASI (MPASI). Jika anak tidak mau minum susu formula tidak masalah asalkan kebutuhan gizinya terpenuhi dari MPASI.

Semenjak usia 18 bulan, anak-anak memang akan mengalami penurunan nafsu makan karena anak sudah mudah teralih perhatiannya dengan hal-hal lain disekitarnya. Anda tidak perlu terlalu khawatir dengan perilaku anak anda yang tidak mau minum susu. Setelah berusia 1 tahun, susu hanyalah menjadi makanan tambahan bagi anak karena makanan utama anak sudah berupa makanan padat atau sama dengan orang dewasa. Susu umumnya dikonsumsi 2-4 botol/hari @120-240 cc. Apabila anak tidak mengonsumsi susu namun kebutuhan gizinya terpenuhi dari makanan padat, maka tidak ada masalah.

Beberapa hal yang dapat disarankan agar si kecil mau makan atau minum susu formula:

  • Buat suasana makan yang menyenangkan bagi anak. Buatlah suasana yang menimbulkan anggapan bahwa makan adalah sesuatu yang menyenangkan. Jangan cepat menyerah jika anak tidak menyukai makanan yang kita tawarkan. Coba ulangi lagi dengan suasana yang berbeda. Ada anak yang baru mau makan jika televisi menyala dan menampilkan acara kartun favoritnya. Cara ini dapat diicoba.
  • Tambahkan susu secukupnya Jangan berikan susu pada anak dalam jumlah berlebihan. Jumlah susu yang berlebihan akan menyebabkan anak kekenyangan sehingga anak tidak mau makan lagi.
  • Berikan jadwal makan teratur dalam jumlah yang kecil, jangan paksa anak menghabiskan makanannya
  • Hindari menunjukkan wajah khawatir atau marah ketika anak tidak mau makan. Perhatian terhadap kelakuan anak yang kurang baik justru dapat membuat anak terus melakukannya lagi
  • Bila anak mau makan atau mau menghabiskan makanannya maka berilah pujian
  • Jangan biarkan anak minum dalam jumlah banyak sesaat sebelum makan. Minum dapat membuat kenyang dan membuat anak tidak mau makan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar